Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Atasi Penurunan Ekonomi, Mahasiswa KKN Bikin Pelatihan Kerajinan Bahan Bekas

KUNINGAN (MASS) – Sebagaimana diketahui, karena pandemi ini taraf ekonomi di berbagai sektor banyak mengalami penurunan.

Mungkin karena hal itulah, pada Minggu (10/1/2021) lalu, mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) UIN Walisongo Semarang, memilih mengadakan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas di Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis, Kuningan.

Salah satu anggotanya, Nurmilatillah menjelaskan barang bekas pakai biasanya langsung dibuang dan menjadi sampah yang menumpuk.

Padahal, barang-barang tersebut dapat dijadikan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis dan memiliki daya guna.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap ekonomi masyarakat serta upaya mengatasi tingkat pengangguran dengan menumbuhkan jiwa wirausaha kepada masyarakat,” sebutnya.

Adapun kerajinan tangan yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa bros berbentuk bunga, lap kain yang berbahan dasar kain perca, wadah alat tulis berbahan dasar botol bekas, serta bunga tangkai yang terbuat dari gelas plastik bekas.

Kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, yang diikuti para remaja dan ibu-ibu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pembuatan bros bunga dari kain perca sangat mudah dibuat apalagi kain percanya sangat mudah didapatkan,” ujar Aisyah, salah satu peserta pelatihan kerajinan tangan.(eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement