Wartawan Belum Uji Kompetensi, PWI Kuningan Bakal Fasilitasi

KUNINGAN (MASS)- Jumlah wartawan yang bertugas di Kuningan jumlah mencapai ratusan orang. Namun, sayangnya dari jumlah tersebut hanya 18 orang yang dinyatakan  sudah lulus Ujian Kompetensi Wartawan.

Dari jumlah tersebut kebanyakan bernaung di bawah organisasi PWI. Agar semua wartawan di Kuningan sudah punya kartu UKW, maka PWI Kuningan akan menggelar UKM di Kuningan.

“Target saya sebagai ketua adalah menggelar UKW di Kuningan. Hal ini agar wartawan yang berada di organisasi PWI bisa mengikuti. UKW juga terbuka bagi wartawan yang tidak tergabung dengan PWI,” jelas Ketua PWI Kuningan Iyan Irwandi pada acara buka bersama bersama keluarga besar PWI Kuningan di Mayang Catering, Senin (4/6/2018).

Ayah tiga anak ini mengaku, kegiatan UKW digelar sekitar Oktober. Dengan begini maka yang akan mengikuti tes UKW bisa mempersiapkan diri dan juga masalah dana.

Pihaknya selama ini paham kalau rekan-rekan yang masuk PWI belum semua mengikuti UKW. Hal ini karena kesibukan, dana dan juga tempat yang sering digelar di Bandung dan  daerah lain di Jawa Barat.

“Pokoknya ketika Kuningan menjadi tuan rumah saya berharap rekan-rekan harus mengikuti. Ini kesempatan emas, tandasnya.

Selain membahas UKW, pada pertamuan tersebut juga dibahas beberapa program PWI pada tahun 2018. Hingga saat ini anggota yang tergabung dalam PWI Kuningan adalah 33 orang.

Sekedar informasi pada beragai kesempatan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Pasetyo selalu mengatakan agar wartawan segara mengikuti UKW. Hal itu guna mendapatkan sertifikat menjadi wartawan yang berkompeten dengan profesinya.

Kedepanya akan ada kerjasama antara Dewan Pers dengan dua lembaga negara yaitu TNI dan Kepolisian. Nnati akan mengeluarkan surat edaran yang isinya instansinya hanya akan melayani wartawan yang berkompetensi.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com