Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Sabtu Digelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian

KUNINGAN (MASS)- PWI Kabupaten Kuningan, Sabtu (10/10/2020) bakal menggelar kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK).

Kegiatan ini akan digelar di Aula Bappeda Kuningan. Pada acara ini dipastikan  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat, H Hilman Hidayat bakal menjadi salah satu pemateri.

Selain itu, jajaran pengurus PWI Provinsi Jawa Barat lainnya yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia jurnalistik pun ikut hadir.

Mereka itu adalah Ketua Bidang Organisasi, M Safrin Zaini, Wakil Ketua Bidang Advokasi, H Agus Dinar, Sekretaris PWI, H Wawan Ruswana dan Rahim Asyil Fajar Awanto pun ikut hadir, selain juga beberapa tokoh pers lainnya.

“Saya ditelpon oleh Pak M Safrin Zaini bahwa Pak Ketua H Hilman Hidayat pun akan turun langsung sebagai pemateri pada pelaksanaan OKK PWI Kabupaten Kuningan sehingga kegiatannya akan semakin bermakna,” ujar Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi SIP, Jumat (9/10//2020).

Diharapkan, pelaksanaan kegiatan OKK yang baru diselenggarakan pertama kali di wilayah Kabupaten Kuningan dapat dijadikan ajang untuk meningkatkan kualitas.

Selain itu juga kemampuan para jurnalistik yang akan menjadi anggota PWI Kabupaten Kuningan karena para narasumber yang dihadirkannya pun, merupakan tokoh-tokoh yang berkompeten di bidangnya.

Begitu juga, jenis materi yang bakal disampaikan pada kegiatan tersebut, meliputi tata cara menulis berita yang benar sesuai kaidah jurnalistik.

Kemudian, pemahaman Undang-Undang Pers Nomor : 40 tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Prilaku Wartawan, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), serta  sejarah berdirinya organisasi PWI, perkembangan media di masa mendatang dan sebagainya.

Sementara itu, kegiatan OKK PWI yang akan diselenggarakan di aula kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, didasarkan pada Pasal 3 Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI.

Sedangkan para pesertanya harus memenuhi sejumlah persyaratan. Di antaranya, aktif bekerja sebagai wartawan pada perusahaan media yang berbadan hukum pers.

Lalu,  tidak pernah dihukum oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap akibat melakukan tindak pidana yang bertentangan dengan martabat dan profesi kewartawanan. Serta menyatakan tunduk dan taat terhadap segala peraturan PWI.

Diterangkan, kuotanya hanya untuk sekitar 20 orang dan sebagian besar persyaratannya yang tidak beda jauh dengan persyaratan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) telah terkumpul.

“Semoga dengan adanya kegiatan OKK, regenerasi anggota PWI Kuningan terus berjalan secara dinamis,” pungkasnya.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Sedikitnya 9 janda dan dhuafa jadi sasaran wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Kuningan. Mereka disantuni dalam rangkaian peringatan Hari Pers...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Kejadian menggegerkan terjadi di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, dimana rumah mewah milik pengusaha Aneka Sandang H Udin dirampok. Kejadian perampokan di Dusun...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Hari Pers Nasional tahun 2020 dipusatkan di Kalimantan Selatan. Di Provinsi yang berada di gerbang ibu negara itu akan digelar berbagai acara....

Anything

KUNINGAN (MAS) –  Puluhan wartawan baik yang meliput di Kuningan dan juga dari luar daerah,  selama dua hari yakni Rabu dan Kamis akan mengukuti ...

Advertisement