Inilah Kegiatan Jumat Agung di Kecamatan Selajambe

KUNINGAN (Mass)- Selain di gereja Kecamatan Kuningan dan Kecamatan Cigugur, kebaktian Jumat Agung juga digelar Gereja Katolik Santo Petrus Blok Pugag Dusun Kujangsari Rt 017 Rw 05 Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe.

Kegiatan ini dimulai jam  12.45 dan berakhir  jam 14.00. Kebaktian Jumat Agung dieglar dalam memperingati hari Wafatnya Isa Almasih tahun 2017.

Kegiatan kebaktian di pimpin Uskup dari Bandung Uskup Mgr DR Antonius Subianto Bunyamin OSC dan didampingi Pastur dari Paroki Cigugur yaitu Pastur Andreas Dedi OSC. Adapun  jumlah jemaat sebanyak 100 orang.

Jemaat yang hdair berasal dari Dusun Kancana Desa Bangun Jaya, Dusun Kancana Desa Gunung Aci Kecamatan Subang. Lalu,   Dusun Wedang Temu Desa Tugu Mulya Kecamatan Darma, Dusun Kujangsari Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe dan Kecamatan Cigugur.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Perangkat Desa Kutawaringin diantaranya Kaur Kesra Jumari, Kaur Umum Yayat dan Kadus Kujangsari Eno Sulaena.

Kegiatan Kebaktian dilakukan pengamanan di pimpin oleh Kapolsek Selajambe Iptu Harminal Marnis Haroen Piliang dengan anggota Kanit Provos Aiptu Basuki, Ps Kanit Intelkam Bripka Aas Rosnawan SE, Ps Kanit Reskrim Bripka Ungkap BL Toruan, Bhabinkamtibmas Desa Kutawaringin Aiptu Subki, beserta 6 orang anggota Polsek Selajambe.

Perjalanan ke Gereja di Blok Pugag tidak bisa menggunakan kendaraan mobil dan motor, para jemaat dan petugas pengamanan berjalan kaki dengan jarak tempuh 2,5 km dari Dusun Kujangsari lama perjalanan 1,5 -2 jam. Adapun rute jalan yang menanjak dan kemiringan 45 derajat.

“Disini minoritas berdampingan umat Islam dan mereka hidup damai. Dari informasi blok Pugag sejak zaman kemerdekaan sudah ada, sehingga bukan permukiman baru. Bahkan menurut informasi tempat ini dulu dijadikan tempat pengasingan,” ucap Ps Kanit Intelkam Bripka Aas Rosnawan SE.

Diterangkan, dulu umat kristiani banyak namun mereka pindah ke kota dan ada juga yang pindah ke agama lain. Mereka pindah ke kota atau pindah agama kebanyakan sekeluarga.

Aas menyebutkan, gereja diberdiri pada tahun 1990. Sebelum ada gereja warga beribadah Misa di geraja Dusun Kancana Desa Gunung Aci Kecamatan Subang. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com