Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Dampak Banjir, 54 KK Diungsikan

KUNINGAN (MASS) – Sekmat Selajambe Deni Hamdani MSi menyebutkan, ada 54 KK yang diungsikan akibat banjir di Dusun Walahar Desa Cibeurung Kecamatan Selajambe.

Mereka yang harus mengungsi ditampung di rumah saudara dan juga sebagian di masjid desa setempat yang lokasinya lebih tinggi.

“Tidak ada korban jiwa. Selain warga yang mengungsi, beberapa hewan ternak pun ikut diamankan karena memang banjir sudah menggenangi permukiman,” sebut Deni. Jumat (10/4/2020) malam.

Untuk membersihkan tanah longsoran pihaknya menunggu datangnya alat berat. Menurut rencana, beko akan datang Sabtu pagi.

Dikatakan, hujan sempat turun tadi sore. Namun sudah reda dan berharap tidak turun hujan lagi pada malam hari agar sungai tidak meluap lagi ke permukiman warga.

Berbeda dengan data dari Sekmat yang bersumber dari aparat desa dan Tagana, BPBD Kuningan mengeluarkan data hasil pendataan petugas di lapangan.

Data BPBD yang terdampak banjir adalah 12 KK dengan jumlah jiwa 39 jiwa dan 38 rumah terancam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tebing Sungai Cijolang yang longsor adalah ukuran tinggi 100 meter, lebar 100 m L= 100 m dengan luasan ± 0,2 Ha dan longsor menutup aliran sungai Cijolang,” tandas Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin.

Ia menerangkan, rumah yang terendam adalah maksimal 30 cm. Luapan air sungai Cijolang masih menggenangi rumah warga sampai pukul 17.45 WIB.

Mengenai pembersihan material yang terbawa luapan air dan penebangan pohon yang menutup aliran sungai masih dilaksanakan dengan melibatkan petugas gabungan.

Kemudian, BPBD Kabupaten Ciamis agar melakukan pemantauan dan menetralisir masyarakat Desa Sukajaya. (agus)

Berikut data 8 unit rumah (12 KK, 39 jiwa) terendam luapan air Sungai Cijolang setinggi 10 cm –
30 cm atas nama :
a.Djoan ( 79 thn, 1 KK, 2 jiwa )
b.Sudiana ( 76 thn, 1 KK, 2 jiwa )
c.M. Suharjo ( 61 thn, 1 KK, 2 jiwa )
d.Wardjo ( 56 thn, 1 KK, 3 jiwa )
e.Salman ( 64 thn, 1 KK, 5 jiwa )
f.Rasim ( 50 thn, 1 KK, 4 jiwa )
g.Harnoto (49 thn, 1 KK, 5 jiwa )
h.Supinah ( 70 thn, 1 KK, 1 jiwa )
i.Nasrudin (79 thn, 1 KK, 1 jiwa )
j.Sharudin ( 46 thn, 1 KK, 5 jiwa )
k.Sunardi ( 53 thn, 1 KK, 4 jiwa )
l.Wahyu ( 49 thn, 1 KK, 4 jiwa )

38 unit rumah terancam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

You May Also Like

Village

SELAJAMBE (MASS) – Terletak cukup terpisah dari pusat Kecamatan Selajambe, bahkan untuk sampai ujung desa harus melewati jalanan yang cukup terjal, Desa Jamberama tak...

Village

SELAJAMBE (MASS) – Desa Jamberama Kecamatan Selajambe mungkin bukan satu-satunya sekolah tani di Kabupaten Kuningan, namun alasan terbentuknya sekolah yang dinamai Agrimandiri, dan langkahnya...

Government

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, SH MSi, Jumat (21/2/2020), melaksanakan Kegiatan Jumling (Jumat Keliling) yang dilaksanakan di Masijd Al-Furqon Dusun Desa/Kecamatan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda, SH MSi, Jumat (21/2/2020), melaksanakan Kegiatan Jumling (Jumat Keliling) yang dilaksanakan di Masijd Al-Furqon Dusun Desa/Kecamatan...

Advertisement