Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

5 Tempat Wisata Alam Di Kuningan Yang Cocok Untuk Refreshing

KUNINGAN (MASS) – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dikaruniai banyak destinasi wisata alam. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Ciremai, membuat Kuningan memiliki kondisi alam yang masih asri oleh karna itu sangat cocok untuk dijadikan tempat healing untuk mengobati stress. Kuningan merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di bagian timur Jawa Barat, berada di lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur, dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah. 

Kabupaten Kuningan memiliki panorama keindahan alam yang dikelilingi danau, curug, dan berbagai wisata air yang menyenangkan. Suasana kotanya yang tenang dan alam yang indah tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan.

Untuk kamu yang memiliki rencana ke Kabupaten Kuningan bersama keluarga maupun kerabat, berikut ini rekomendasi wisata Kuningan, Jawa Barat terbaru, terpopuler dan sudah buka untuk umum yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Situ Wulukut

Situ Walukut berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Situ Walukut merupakan sebuah danau buatan yang sangat cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang sangat asri. Danau ini juga tak kalah indah dengan Ranu Kumbolo.

Situ Walukut

2. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem Lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Telaga ini menyajikan telaga dengan air yang jernih kebiruan. Anda bisa menikmati suasana sekitar yang rimbun, main air sembari snorkeling dan uniknya di dalam telaga ini hidup bermacam-macam ikan mas dengan ukuran besar. Ikan mas ini memiliki warna-warna cerah yang menarik perhatian, dan cukup jinak karena jika diberikan makan mereka akan mendatangi dan berkerumun di tempat disebarnya makanan ikan.

Talaga Biru Cicerem

3. Batu Luhur

Objek wisata batuluhur ini berada di kawasan taman nasional gunung ciremai ( TNGC ) tepatnya berada di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. Beberapa Wahana Yang ada di Objek Wisata Batu Luhur seperti Flying fox sepanjang 200 meter yang merupakan wahana terpanjang sewilayah III Cirebon, Kolam renang, Perkemahan, Area Bermain Sepeda pada sirkuit yang sudah disediakan.

Batu Luhur

4. Curug Putri Palutungan

Curug Putri berada di Desa Cisantana RT.07 / RW.03, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Curug putri memiliki keindahan alam yang sangat indah.Air jernih yang berasal dari air terjun mengalir melewati batuan kecil dan membuatnya terlihat seperti kolam buatan. Kolam tersebut memiliki air yang sangat jernih dan terlihat menyegarkan sehingga menggoda siapa saja untuk berenang ke dalamnya. Konon katanya curug putri ini jika dilihat dari jauh, berbentuk seorang putri memakai gaun. Yang lebih menarik, seringkali muncul pelangi sehabis hujan di bagian puncaknya. Fasilitas di curug putri ini cukup lengkap. Tak perlu khawatir jika ingin membuang air, karena toilet di sini sudah memadai. Selain itu juga terdapat mushola dan saung-saung untuk makan.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Curug Putri

5. Curug Landung

Curug Landung adalah kolaborasi keindahan alam yang masih asri yang berpadu dengan ragam wisata yang bersifat kekinian, wisata ini menghadirkan wisata air terjun yang sangat eksotis. Nama Curug Landung berasal dari bahasa sunda, Curug berasal dari dua suku kata yaitu “Cur” yang berarti cai atau air, dan kata “Rugu” yang artinya ngocor atau mengalir. Sedangkan kata “Landung” yang berarti panjang atau tinggi. Jadi Curug Landung adalah air yang mengalir dari sebuah ketinggian. Curug landung memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan menjadi salah-satu curug atau air terjun yang tinggi di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Curug Landung berlokasi di kaki Gunung Ciremai tepatnya di Cigugur Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata kekinian di kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Curug Landung

Indah-indah banget kan destinasi wisata di wilayah kuningan jawa barat ini, kan? Dengan kekayaan alam yang begitu memesona, sayang banget untuk dilewatkan, terlebih untuk self healing.

Penulis : Inda Qotrun Nadila

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran dan Islam – IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Setelah dua tahun banyak wisata yang “mati suri” karena pembatasan pandemi, tahun ini jadi “ajang pembalasan” orang bisa mudik dan berlibur...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Paguyuban Pengelola Destinasi Wisata Kuningan (PP Dewiku) berangkat ke Yogyakarta dan Gunungkidul pada Senin (7/3/2022) kemarin. Keberangkatan paguyuban ini, merupakan agenda...

Business

KUNINGAN (MASS) – Kuningan itu punya seni yang sangat melegenda. Hal itu diutarakan Ketua Pengusaha Pengelola Destinasi Wisata Kuningn (PP Dewiku) Abidin, Rabu (16/2/2022)...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabupaten Kuningan terkenal akan alamnya yang indah dan banyak jadi tempat wisata. Sayangnya, banyak akses jalan yang belum menunjang, rusak dan...

Advertisement