Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Waduk Kuningan Terancam Kekurangan Sumber Air

KUNINGAN (MASS) – Waduk Kuningan atau Waduk Cileuweng direncanakan akan diresmikan pada tahun 2021. Hal ini karena masih belum beresnya proses pembayaran ganti rugi kepada warga.

Selain masalah belum beresnya proses pembayaran, ternyata masalah baru yakni minimnya sumber air untuk mengairi waduk.

Awalnya untuk sumber air waduk bersumber dari Sungai Cikaro. Namun, setelah diamati sumbernya kurang karena sungai Cikaro merupakan anak sungai Cisanggarung.

“Memang hasil perhitungan debitnya kurang dari Cikaro. Makanya, oleh pihak kementrian tengah dicari solusi terbaik,” ujar Kepala Dinas PUTR Kuningan Drs H Ridwan Setiawan MSi, Kamis (24/9/2020).

Ridwan menerangkan, langkah terbaik adalah membuat sodetan dari Cisanggarung. Pasalnya, Waduk Kuningan berbeda dengan Waduk Darma.

“Waduk Darma itu banyak mata airnya, ini tidak ada, hanya mengandalkan aliran sungai Cikaro,” jelasnya.

Mantan Kepala DPrPP itu menargetkan peresmian waduk pada tahun 2021 dan berharap lancar karena proses ganti rugi saat ini terus dilakukan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pihaknya Pemkab Kuningan membuat jalan baru sepanjang 5 KM. Dengan begini maka tidak akan ada kendala sehinggga waduk tinggal digunakan.

Sekadar informasi Waduk Kuningan memiliki luas 284,45 ha. Dibangun antara lain dengan tujuan bermanfaat untuk irigasi sebanyak 3.000 Ha, masing-masing D.I Cileuweung=1.000 Ha (Kuningan) dan D.I Jangkelok=2.000 Ha (Brebes).

Lalu, pengendalian banjir dengan reduksi banjir 429,24 m3/s (67,83%), pengairan air baku 300 l/det, PLTA 500 kW. Sedangkan lokasinya di Sungai Cikaro Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum.

Adapun total Volume tampungan sekitar 25,955 juta m3. Dan saat ini pembangunan infrastruktur strategis Nasional Waduk Kuningan ini sudah mencapai tahap 99,%. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebelumnya diberitakan, setelah adanya ganti untung terhadap warga Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum yang akan dijadikan Waduk Kuningan warga beramai-ramai membeli kendaraan...

Government

KUNIGAN (MASS)- Sejak mendapatkan ganti rugi  pembangunan Waduk Kuningan, warga Kawungsari Kecamatan Cibeureum bak menjadi miliader. Total ada Rp129 miliar yang dibayarkan pemerintah kepada...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Enam desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akan ditenggelamkan pada bulan Juli mendatang. Pemukiman penduduk di sana tidak akan terlihat lagi....

Government

KUNINGAN (MASS)- Ditargetkan kelar pada 2019, ternyata hingga 2020 pembangunan Waduk Kuningan belum selesai. Padahal ketika presiden berkunjung ditargetkan 2019 bisa digunakan. Namun, hingga...

Advertisement