Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Social Culture

Tradisi Unik Warga Cilaja Sambut Idul Adha

KUNINGAN (Mass) – Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, warga masyarakat Desa Cilaja Kramatmulya Kuningan memiliki tradisi cukup unik. Pasalnya, ratusan warga baik anak-anak hingga orang dewasa terlibat dalam berburu ikan di kolam milik desa.

Cara berburu yang dilakukan warga bukan dengan kail atau alat pemancingan, namun mereka menceburkan diri beramai-ramai untuk berebut ikan yang ada didalam kolam. Tak hanya kaum pria, ibu-ibu juga antusias terjun ke kolam untuk menangkap ikan dengan tangan kosong.

Salah seorang panitia adat desa, Cecep Yogi Iskandar kepada awak media, Selasa (6/9), mengaku kegiatan ini merupakan tradisi warga desa yang telah turun temurun dilakukan. Tujuannya, hanya ingin lebih menjaga silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan antar warga setempat.

“Ya ini untuk saling bersilaturahmi saja, makanya kami menyediakan juga ikan-ikan untuk ditangkap langsung di kolam. Ada ikan nila, bawal, lele dan jenis ikan lainnya,” sebutnya.

Dikatakan, ada sedikitnya 300 warga yang terjun langsung ke kolam untuk mendapatkan ikan-ikan yang sengaja disediakan pihak panitia. Bahkan, ada juga sejumlah ikan yang diberikan tanda khusus sebagai bentuk bonus bagi yang mendapatkan.

“Kita tebar ikan sekitar 1 kwintal lebih. Ada juga ikan yang kita tandai, supaya yang berhasil mendapatkan ikan itu kita berikan hadiah hiburan uang tunai sebesar Rp100 Ribu,” katanya.

Intinya lanjut Cecep, dari rangkaian kegiatan ini hanya ingin mempererat persaudaraan seluruh warga disini. Bahkan, kegiatan ini sekaligus dalam momentum Harjad Kabupaten Kuningan ke 518 Tahun.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Salah seorang peserta tangkap ikan, Eti Suhaeti, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan yang cukup unik itu. Sebagai seorang Ibu rumah tangga, dirinya pun terlihat sangat bersemangat untuk menangkap ikan-ikan besar di kolam milik pamannya tersebut.

“Saya senang sekali bisa turun ke kolam untuk berebut nangkap ikan. Alhamdulillah Ibu-ibu disini juga sangat senang bisa ikutan kegiatan ini. Mudah-mudahan kita sebagai warga disini bisa semakin bersatu dan bersama-sama untuk menjalankan kebaikan,” pungkasnya.(andri)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement