Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Tourism

Rekomendasi Tempat Wisata: Relaksasi Tubuh di Cipanas Subang

SUBANG (MASS) – Siapa yang tidak tahu Cipanas Subang. Pemandian yang terletak di ujung selatan Kabupaten Kuningan tersebut, beberapa tahun terakhir menjadi primadona pemandian air panas. Pengunjung datang untuk sekedar menghangatkan tubuh di pagi hari, atau menyamankan diri di sore sampai malam hari. Sebagian lagi, datang untuk pengobatan kulit dan terapis.

Tak mau kalah, Kuninganmass.com melakukan wisata ke Cipanas Subang. Dalam wisata tersebut, Jum’at (25/10/2019), awak media ini didampingi anak-anak eskul Mading SMAN 1 Subang.

Perjalanan menuju ke Cipanas memang selalu seru. Waktu perjalanan yang berkisar 1,5 jam dari ibukota kabupaten tidak membuat pengunjung ciut. Sekitar 30 km jarak yang harus ditempuh dari orang-orang kota Kabupaten Kuningan pun tak melemahkan semangat mandi air panas.

“Banyak yang berkunjung untuk berobat dan terapis, dari Ciamis juga pada datang kesini,” ujar koordinator Cipanas, Arifin.

Perjalanan ke Cipanas Subang juga cukup menantang. Pengunjung yang membawa kendaraan mobil tidak diperkenankan memasuki kawasan wisata. Resikonya, berjalan sejauh 1 km, atau menyewa ojek sekitar.

Berendam air hangat di sore hari memang menyegarkan tubuh. Hati dan pikiran terasa kembali tenang. Suasana yang tidak terlalu ramai pun membuat nyaman. Bayangkan saja, berendam di pemandian air panas, lengkap dengan pohon-pohon yang masih rindang. Suasana alam yang masih asri. Suasana yang membuat ketagihan para pengunjung.

“Iya mas, disini emang paling rame kalo akhir pekan atau hari libur. Sampe penuh,” ujar Aripin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tempat wisata yang buka 07.00 pagi sampai jam 06.00 sore tersebut, memang sangat layak dikunjungi. Air panas alami yang keluar dari Gunung Ciremai selalu ditunggu-tunggu. Bau belerang yang masih terasa juga jadi daya pikat, apalagi untuk orang-orang yang berniat terapis dan pengobatan.

“Murah kok tiketnya, 5 ribu sampai 10 ribu, tergantung usia,” ujar koordinator Cipanas tersebut.

Saat ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas bermalam di lokasi wisata. Tersedia beberapa homstay di Cipanas.

“Sejak saya jaga disini, lokasi wisata yang saya naungi bukan cuman di lokasi pemandian, tapi juga sampe curug (air terjun) perbatasan ke Desa Situgede,” tambah Aripin.

Memang, di pemandian Cipanas Subang, selain 3 kolam pemandian air dingin, dan 1 kolam pemandian air panas, terdapat juga sungai dan air terjun. Terdapat pula track menjelajah ke air terjun parakan panjang.

Yosep, salah satu pengunjung Cipanas Subang juga ikut memberikan tanggapannya berkunjung ke Cipanas. Menurutnya, mandi di Cipanas membantu membuat tubuhnya relaks.

“Tempatnya juga enak, indahlah, ya mudah-mudahan bisa lebih nyaman lagi,” ujarnya.

Memang, saat ini di lokasi wisata Cipanas sedang dilakukan beberapa perbaikan. Penataan warung menjadi konsen perbaikan BUMDes sebagai pengelola tempat wisata.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain penataan warung, dilakukan juga perbaikan kamar ganti dan kamar inap. Bedanya, perbaikan kamar ganti dan kamar inap merupakan bantuan. (eki/trainee)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Memasuki bulan Maret intesitas hujan belum mereda, justru sebaliknya hujan deras diserta angin kencang sering terjadi. Akibatnya banyak pohon yang lapuk tumbang....

Sport

KUNINGAN (MASS) – Dampak lain di masa pandemi ini, bisa dibilang menjamurnya pesepeda. Baik itu perorangan maupun komunitas. Salah satunya adalah Gasikk, Gowes Asik...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Sabtu (13/2/2021) Februari tersaji pertandingan yang bertajuk persahabatan antar Berkah FC menghadapi tamunya Club80’s yang sama sama berasal dari kota...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Animo masyarakat Kuningan di sepakbola memang sangat tinggi. Terbukti, belakangan banyak sekali muncul tim futsal atau football bahkan akademi. Salah satunya...

Advertisement