Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Puasa, Siapa Wajib Siapa Tidak?

KUNINGAN (MASS) – Ibadah puasa di bulan Ramadhan menjadi kemesraan tersendiri bagi umat muslim. Selain waktunya yang terbatas, banyak juga tradisi di dalamnya yang khas. Namun, sebenarnya siapa sajakah yang termasuk wajib berpuasa ? Siapa juga yang boleh tidak berpuasa ?

Ustadz Supriatna S Pd dalam sesi #tanyaustadz Ramadhan yang tayang di channel YouTube Kuningan Mass menjelaskan siapa saja yang wajib berpuasa, dan siapa saja yang boleh untuk tidak berpuasa.

“Orang yang diwajibkan berpuasa, pertama beragama Islam, baligh, dan berakal sehat,” tuturnya di awal penjelasannya Kamis (7/5/2020) sore.

Selain itu, orang yang diwajibkan berpuasa adalah orang yang dianggap kuat menurut syariat. Lalu, mengetahui tentang masuknya bulan Ramadhan.

“Maka, kalo tidak ada salah satunya, belum wajib berpuasa,” jelasnya.

Selain menuturkan orang yang wajib berpuasa, disebutkan juga siapa saja orang yang tidak wajib berpuasa padahal syarat diatas sudah terpenuhi.

“Ada yang wajib membatalkan puasa, seperti haid dan nifas. Mereka wajib mengkodo hari batalnya puasa di hari lain,” imbuhnya.

Selain itu, ada pula orang yang diperbolehkan batal puasa, seperti orang sakit, lemah karena tua, dalam perjalanan jauh, hamil, ataupun menyusui.

“Maka selain yang tadi, kalo membatalkan puasanya ya berdosa,” tambahnya. (eki)

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Puluhan anak-anak pencak Silat Panglipur Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis menggelar bagi-bagi takjil di sepertiga akhir Ramadhan ini. Tepatnya pada Rabu (27/4/2022)...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Generasi Muda Masjid Baiturrohman (Gemmaroh) didukung pengurus DKM-nya, di akhir bulan puasa ini, menggelar pesantren Ramadhan. Pesantren Ramadhan yang dimulai sejak...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 500 paket takjil disebar oleh komunitas pecinta mobil kijang, Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) di seputaran Tugu Sajati Jalan Baru...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga sembako kembali banyak mengalami kenaikan. Terbaru, kenaikan tajam pada harga daging ayam. Petugas pendata...

Advertisement