Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Persiapkan Masa Depan, Napi Diberi Bekal

KUNINGAN (MASS) – Stigma buruk terhadap Napi atau warga binan di lapas tidak bisa dihindari. Mereka dianggap “sampah” ketika kembali kepada masyarakat.

Kondisi ini tentu sudah diantisapasi oleh pemerintah dengan cara membekali mereka berbagai ketertampilan.

Ibarat sampah yang bisa didaur ulang, maka napi bisa kembali menjalani kehidupan baru dengan bekal pelatihan yang diberikan.

Hal ini pun dilakukan di Lapas Kuningan yang terletak di Jalan Siliwangi. Mereka para napi pada Senin mendapatkan pelatihan  dari lapas hasil kerjasaama dengan UPTD Balai Latihan Kerja Disosnaker Kabupaten Kuningan.

Pelatihan keterampilan kemandirian bagi warga binaan itu   diikuti 64 orang peserta. Merek berkumpul  di Ruang Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Kuningan untuk mengikuti acara pembukaan pelatihan keterampilan kemandirian.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh Kalapas, Pejabat Struktrual beserta Instruktur Pelatihan Keterampilan dari UPTD BLK Disosnaker Kabupaten Kuningan.

Kegiatan Pelatihan terhadap 64 orang peserta terbagi kepada 4 bidang item pelatihan yakni budidaya  jamur tiram, perkayuan, pertanian, dan perikana

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Kuningan, Erfin Kurniawan selaku ketua kegiatan pelatihan keterampilan kemandirian.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan UPTD BLK Disosnaker Kabupaten Kuningan, sambutan beserta pembukaan kegiatan secara resmi oleh Kalapas.

Lalu,  penyematan kartu tanda peserta secara simbolis kepada masing-masing program pelatihan oleh Kalapas, dan ditutup dengan pembacaan doa sekaligus foto bersama.

Kasi Kegiatan Kerja, Erfin Kurniawan, selaku ketua kegiatan pelatihan keterampilan kemandirian  menyebutkan kegiatan pelatihan dananya berasal dari DIPA Lapas Kelas IIA Kuningan Tahun Anggaran 2020,

“Mereka yang berjumlah 64 oran itu adalah WB atau napi  yang telah terpilih” ujar Erfin.

Ditempat yang sama Perwakilan UPTD BLK Disosnaker Kabupaten Kuningan, Muhtadin, mengucapkan  Terima kasih kepada lapa yang sudah turut mengundangan untuk hadir melayani warga binaan.

“Kita akan mendatangkan tenaga ahli khusus dalam bidangnya, untuk bekal warga binaan dalam berwirausaha setalah melaksanakan hukumannya setelah ini,” tandasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara Kalaps Gumilar Budirahayu,  berharap apa yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar. Ia berpesan untuk belajar dan pahami dengan sungguh sungguh apa yang akan diajarkan oleh instruktur.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini WBP  mempunyai keterampilan yang bermanfaat sebagai bekal untuk menggapai kehidupan yang lebih layak dan terhormat setelah selesai menjalani masa pidana dan kembali di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan keluarganya,” sebutnya. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kegiatan perekaman E-KTP yang dilakulan oleh Disdukcapil Kuningan di Lapas Kelas II A Kuningan pada Jumat (27/3/2021) ternyata dimaanfatkan oleh salah...

Headline

KUNINGAN (MSS) – Setelah beberapa pekan ke belakang bRaya Al-Ikhlash yang merupakan alumni ponpes modern Al-ikhlas tak terkalahkan. Akhirnya di pekan ke 20 mereka...

Government

KUNINGAN – Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi bersama Kepala Divisi Administrasi Ngadiono Basuki melakukan Monitoring dan Evaluasi Open Camp milik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kuningan yang berada di Kampung Palutungan Desa...

Government

KUNINGAN (MASS)- Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Lapas Kuningan untuk melaksanakan pembinaan bagi narapidana. Bahkan pembinaan terus ditingkatkan meskipun untuk sementara tidak melibatkan pihak luar...

Advertisement