Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Peresmian KOMPOSKU, Alfan Syafi’i: Langkah Baru Menuju Pertanian Berkelanjutan

KUNINGAN (MASS) – Dalam sebuah acara yang penuh semangat, Profesor Ahmad Syawaludin Bersama Dr. Alfan Syafi’i, Lc., MA. meresmikan Komunitas Petani Organik Sejahtera Kuningan (KOMPOSKU) dengan sekretariat di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana.

Profesor Ahmad Syawaludin membuka pembekalan dengan memaparkan kondisi alam pertanian yang semakin rusak akibat penggunaan pupuk sintetis yang berlebihan.

“Fenomena ini disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika dibiarkan, kita berada di ambang kehancuran alam pertanian,” tegasnya.

Ia menekankan bahwa para petani memiliki kontribusi besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia. “Petani yang bertani dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan perintah Allah akan membawa kebaikan bagi negeri ini,” ingatnya.

Sebaliknya, sambung Syawaludin, kerusakan alam akan berdampak buruk jika tidak memperhatikan cara bertani yang ramah lingkungan. Ia mengajak para petani untuk bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat dalam mencapai cita-cita “petani naik kelas”.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Profesor Syawaludin juga menyoroti pentingnya inovasi dalam pertanian, termasuk persiapan media tanam yang baik, pemilihan bibit berkualitas, dan perlakuan yang benar sesuai anjuran para ahli. “Dengan inovasi, kita dapat meningkatkan hasil pertanian dan menjaga kelestarian alam,” tambahnya.

KOMPOSKU hadir sebagai solusi untuk menjaga kelestarian alam dan meningkatkan kesejahteraan petani di Kuningan. Program ini diawali dengan pembuatan pupuk organik, yang berfungsi sebagai gerakan penyelamatan bumi dan menyehatkan lahan pertanian. “Niatkan bertani untuk menjalankan perintah Allah memakmurkan bumi,” kata Profesor Syawaludin.

Struktur organisasi KOMPOSKU terdiri dari individu-individu yang berdedikasi untuk memajukan pertanian organik di Kuningan:
Dewan Penasehat: DR. Alfan Syafi’i, Lc, M.Pd
Dewan Pengarah: Prof. Muh. Syawaludin
Ketua: Mudiantoro S.Hut, M.Pd
Wakil Ketua: Sahlan S.Hut, M.Pd
Sekretaris: Sunarno Sahlan, M.Pd.
Sekretaris 2 : Robi Eka Rukmana, S.Kom.
Bendahara: Didik Wiranto, M.Pd. ,
Bendahara 2 : Sariyati, ST.
Bidang-bidang:
Produksi: Wandi Suwandi, St; Ono, Nenta, Suding
Budidaya: Tatang, Hozain, Yoyo
Humas & Media: Afriadi, S.Pi.
Marketing: Fuad, Aziz Ismail
Litbang: Zaenudin, S.Hut, Sania
Anggota: Wasis, Kholis, Toto, Eyeng F, H. Iding Hamidi

Acara ini ditutup dengan yel-yel penuh semangat dari para peserta: “Selamatkan bumi, Sejahterakan petani!” dan “KOMPOSKU, sejahterakan Kuninganku!” serta sesi foto bersama sebagai tanda kebersamaan dan komitmen menuju pertanian yang lebih baik.

Alfan Syafi’i menandaskan, dengan peresmian KOMPOSKU, diharapkan petani Kuningan dapat beralih ke pertanian organik yang lebih berkelanjutan, meningkatkan hasil pertanian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dan pada akhirnya mensejahterakan para petani serta masyarakat Kuningan secara keseluruhan,” ujar salah seorang bakal calon bupati tersebut. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pertanian berkelanjutan menjadi sorotan utama di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. Dalam upaya untuk mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia...

Business

KUNINGAN (MASS) – Sumber daya di Kuningan, sangat melimpah, terutama di bidang pertanian dan alam. Hal itulah mungkin juga yang mendorong industri pupuk organik...

Advertisement