Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Meriam dan Kincir Angin Belanda Ala Pemuda Sidapurna

KUNINGAN (MASS) – Moment bulan Ramadhan kemarin, selalu jadi momentum yang ditunggu banyak orang. Termasuk para pemuda Sidapurna Kelurahan Purwawinangun – Kuningan.

Selain keberkahan, para pemuda Sidapurna, barudak Hanxers, juga makin kreatif apalagi saat ngabuburitnya. 

Seperti yang dilakukan di jalan menuju tempat pemakaman umum (TPU) tempatnya di Sidapurna Rt 06 Rw 03 Kelurahan Purwawinangun, dimana dibuat kreatifitas berupa Meriam dan Kincir Angin Belanda.

Salah satu pemuda tersebut, Haris Paresatopani mengaku tidak tahu sejak kapan mulanya kegiatan membuat konsep seni ini awalnya dari kapan atau dari tahun berapa.

“Tapi seingat saya, dari zaman saya sekolah dasar (2002) tiap sore saya selalu mampir ke sini hanya melihat-lihat proses membuatnya itu gimana. Hingga pada tahun 2015 saya ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut hingga sekarang,” tuturnya baru-baru ini.

Untuk bahan yang dibuat keseniannya sendiri, biasanya dari kardus bekas, bambu, dan cat. Karenanya, tidak bisa awet hingga saat ini.

“Karya seni ini dibuat bertujuan memberikan background berbeda sebelum atau sesudah berjiarah, disini kita dapat mengabadikan momen foto bersama keluarga atau orang-orang tercinta saat hari raya idul fitri tiba,” sebutnya.

Konsep seni yang dibuat, lanjutnya, tiap tahunnya berbeda tema. Hal itu, lanjut Haris, mungkin karena berbeda generasi bisa jadi kesepakatan dari barudak itu sendiri.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus berjalan ditiap tahunnya, juga dapat menginsfirasi anak muda lainnya khususnya di daerah kabupaten kuningan,” imbuhnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Kegiatan Pekan Olahraga Antar Kampung (Porkam) Desa Sakerta Barat Kecamatan Darma rampung awal pekan ini. Porkam yang digelar Karang Taruna untuk...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Himpunan Pemuda Pemudi Cimanglid (HIPPCI) Kampung Cimanglid Dusun Puhun Desa Nanggela Kecamatan Cidahu, menggelar sunatan massal pasca moment lebaran baru-baru ini....

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pawai obor disertai gemuruh takbir menggema di Desa Kedungarum Kecamatan Kuningan menyambut hari lebaran, Minggu (1/5/2022) malam. Ya, pawai obor, lampion...

Business

KUNINGAN (MASS) – Siapa sih yang gatau Kripik Kaca, Kripca? Yaa, cemilan yang satu ini memang cemilan yang paling tepat buat dimakan kapan aja....

Advertisement