Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Tourism

Libur Telah Tiba, Ada 56 Tempat yang Bisa Jadi Pilihan

KUNINGAN (MASS)- Libur sekolah sudah tiba. Bukan hanya itu bagi yang akhir tahun mendapatkan cuti liburan keagamaan pun mereka bakal menikmati liburan panjang hingga awal tahun 2020.

Bagi mereka yang ingin berencana liburan ke Kabupaten Kuningan,  kuninganmass.com akan memberikan referensi tempat liburan. Berdasarkan data dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata di Kuningan total ada 55 tempat objek wisata. Meski sebenarnya banyak wisata baru yang belum terdata.

Keuntungan liburan di kota kuda bukan hanya tarifnya murah tapi banyak pilihan, dimana pengunjung bisa menikmati wisata alam, wisata sejarah dan wisata air. Semua itu bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengunjung.

Tempat  pertama adalah Bukit Seribu Bintang. Objek Wisata baru ini dianugerahi sebagai juara II Dataran Tinggi Terpopuler Tingkat Nasional 2017 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Disebut Bukit Seribu Bintang karena dari atas ketinggian 1.000 Mdpl kita bisa melihat keindahan Kota Cirebon-Karawang terutama pada malam hari, sehingga kerlap kerlip lampu listrik seperti ribuan bintang di langit. Pendek kata dengan udara sejuk dan hamparan alam indah akan merasakan sensasi yang luar biasa.

Pidah ke Desa Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan juga ada berbagai telaga/talaga mulai dari Talaga Remis hingga Talaga  Biru Cicerem. Khusus Talaga Cicerem pengunjung bisa menikmati pemandangan telaga warna yang bisa melihat keindahan di bawah talaga dengan warna biru serta tentu ribuan ikan mas atau ikan kancra warna-warni.

Bergeser ke atas ada Kebun Raya Kuningan yang terletak di Desa Padabeunghar. KRK yang luas 154 HA cocok untuk melepaskan penat dengan berkumpul dengan orang-orang dekat. Dan yang paling penting tiket masuknya murah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk tiket dewasa hanya Rp6.000 dan anak-anak Rp4.000. Sedangan parkir Rp3.000, mobil Rp6.000 dan bus atau truk Rp11 ribu.

Lalu, ke Desa Cibuntu yang masih di Kecamatan Pasawahan. Desa ini pada Hari Pariwisata Internasional yang jatuh pada tanggal 27 September 2017  lalu terpilih sebagai desa wisata terbaik urutan ke 2 Tingkat Nasional.

Sebelumnya Desa Cibuntu juga pada tahun 2016 terpilih sebagai  Homestay terbaik 5  di ASEAN. Desa ini dikenal karena berada di lereng gunung Ciremai.

Di desa ini terdapat situs yang konon ceritannya merupakan tempat-tempat napak tilas para wali ketika akan menuju ke Gunung ciremai. Ada satu yang agak unik namanya Loa.

Dengan tersusun rapih ada satu batu besar mirip sebuah meja kemudian dikelilingi batu-batu kecil mirip sebuah kursi. Disampingnya ada aliran air dan dibawah pohon loa yang meneduhi meja tersebut keberadaanya percis sebelum masuk desa Cibuntu.

Desa Cibuntu merupakan sebuah desa yang penghuninya diperkirakan sudah ada sejak zaman batu. Perkiraan itu bukan tanpa dasar karena di desa ini pernah ditemukan benda-benda purbakala berupa alat yang dibuat dari batu, giok.

Setelah itu, pilihan berikutnya ada di  Kecamatan Cilimus. Di wilayah ini objek wisata paling banyak. Dilengkapi dengan hotel dan penginapan.

Bagi yang senang dengan wisata sejarah bisa mengunjungi Gedung Naskah Perundingan Linggrajati. Perundingan ini dikenang oleh seluruh bangsa Indonesia karena merupakan suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pengunjung bisa melihat bekas-bekas perundingan, mulai meja, kamar dan bangunan. Pendek kata berkunjung ke tempat ini kita diajak pergi masa lalu.

Di Cilimus juga ada Objek Wisata Linggarjati Indah, Kebun Binatang Mini, Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami, berbagai tempat outbond. Dan juga wahana permainan air terbesar yakni Sangka Resort Aqua Park.

Bergeser ke Kecamatan Jalaksana ada Objek Wisata Kolam Renang Cibulan. Pengunjung bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan dewa yang dikeramatkan oleh masyarakat Kuningan.  Juga bisa menyasiksan anak kecil yang jago menyelam. Mereka akan berebut uang receh yang dilempar pengunjung ke kolam.

Bukan haya itu, ada juga sumur tujuh dan Patilasan Prabu Siliwangi. Banyak kepercayaan ketika pengunjung membasuhi muka atau mandi di tujuh sumur itu akan mendapatkan keberkahan.

Ada juga Curug Sidomba. Objek wisata ini terletak di Desa Peusing Kecamatan Jalakasana dan merupakan tempat wisata buatan yang didalamnya ada curug dan kolam ikan.

Tempat ini juga merupakan tempat favorit untuk kemping. Sehingga tidak heran pada akhir pekan penuh dengan pengunjung.

Salah satu tempat baru yang menjadi primadona adalah Kolam Renang zam-zam Pool. Tarif murah air jernih menjadi daya tarik dan yang terpenting bisa membawa makanan dari rumah sehingga liburan akan terasa indah.

Tempat Berikutnya adalah Kecamatan Kramatmulya. Ditempat ini ada Lembah Cilengkrang yang terletak di Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di lembah ini ada sumber air panas yang kolam renang. Sumber air panas ini sempat menjadi bidikan PT Cevron untuk dijadikan sumber energi terbarukan. Dan yang paling penting adalah pemandangannya masih alami sehingga cocok bagi yang ingin menikmati suasana sunyi dengan udara sejuk.

Ditempat ini juga kalau beruntung bisa menikmat elang jawa. Elang jawa salah satu jenis burung yang terancam punah.

Beres dari tempat itu, kita juga bisa menjelajahi tempat lain yakni Kecamatan Cigugur. Kecamatan Cigugur itu saat ini diibaratkan sebagai Kawasan “Lembangnya” Kuningan.

Sedikitnya ada 8 lokasi wisata di Kecamatan Ini. Mulai dari Kolam ikan Cigugur yang berisi ikan dewa dan juga ada terapi ikan nilem mungut.

Bergeser ke bagian atas di Desa Cisatana, ada Taman Cisantana, Gua Maria, Buper Ipukan dengan dua curugnya. Lalu, Buper Palutungan dengan Curug Ciputrinya, Curug Landung, Tenjo Laut,  Sukageri View, Taman Purbakala Cipari dan Talaga Surian.

Dan yang saat ini yang paling banyak diburu adalah Buper Talaga Surian. Tempat ini sangat indah untuk kemping. Pada malam dari kejauhan bisa terlihat kerlap kerlip kota Kuningan.

Bergesar ke Kecamatan Nusaherang, ada Curug Bangkong. Curug ini terletak di Desa Kertawitama, masih alami dan melewati jalan setapak melintas sawah dan saat ini sudah ditata sehingga pengunjung bisa menikmati pemadangan air terjun yang bersumber dari Waduk Darma.

Tibalah di Kecamatan Darma. Di wilayah tersebut ada ikon Kuningan yakni Waduk Darma. Bagi mereka yang pernah berkunjung ke Kuningan tapi tidak pernah mampir ke waduk dianggap kurang apdol.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tidak heran saking banyak pengunjung ratusam ribu pengunjung datang ke waduk ini. Pengunjung bisa menikmati kawasan ini dengan cara mengelilingi kawasan waduk dengan perahu. Saat ini tempat ini tengah ditata untuk menjadi objek wisata bertaraf internasional.

Di Kecamatan Darma juga ada satu lagi objek wisata yakni kolam keramat Darma Loka. Di kolam ini ada ikan dewa, juga konon ada ikan yang hanya ada kepala dan buntut (kerangka).

Sementara di Kecamatan Garawangi ada Bukit Penembongan yang terletak di Desa Tembong. Pengunjung akan menkmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Hamparan sawah yang luas, bukit dan permukiman warga. Objek wisata serupa juga ada di Desa Pakembangan dengan nama Buper Pekembangan.

Sedangkan di wilayah selatan Kuningan yakni Kecamatan Subang ada pemandian air panas. Pemandian air panas menjadi primadona karena selain menyehatan juga bisa juga alat terapi. Adapun wisata di wilayah Kuningan timur ada kolam renang di Luragung. Di Kecamatan Karangkancana ada Gua Indrakila.

Di Kecamatan Subang juga ada pemandian Air Panas Subang. Di luar itu juga masih banyak tempat wisata yang tidak bisa disebutkan satu persatu, seperti Ciwaru, Luragungagung, Karangkancana. (agus)

Berikut 56 tempat objek wisata di Kuningan

-Talaga Remis

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Buper Paniis

-Buper Cibeureum

-Gedung Naskah Linggarjati

-PPGC Cibunar

-Linggarjati Indah

-Sangkanurip Alami

-Curug Sidomba

-Balong Dalem

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Kolam  Cibulan

-Cilengkrang

-Taman Purbakala Cipari

-Cigugur

-Buper Palutungan

-PPGC Palutungan

-Waduk Darma

-Darmaloka

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Kolam Renag Sanggariang

-Kolam Renang Tirta Agung Mas

-Desa Wisata Cibuntu

-Gua Indrakila

-Gua Maria

-Linggamekar

-Buyut Salam

-B Kagungan

Advertisement. Scroll to continue reading.

-P K Batu Cibuntu

-Makam Van Beck

-The Mountain

-Paralayang Citangtu

-Sagarahiang

-Open Space Linggarjati

-Kolam Mandi Grage Sangkan

-Kolam Renang Sangkan Aqua Park

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Panembongan Garawangi

-Cadas Gantung Citundun

-Situs Hulu Lingga

-Ipukan

-Tenjo Laut

-Sukageuri

-Curug Landung

-Taman Cisantana

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Bungkirit

-Kolam Renang J & J

-Kolam Renang Montana

-Lambosir

-Batu Luhur

-Bukit Seribu Bintang

-Kebun Raya Kuningan

-Situ Cicerem

Advertisement. Scroll to continue reading.

-Situ Wulukut

-K.R Air Panas Subang

-Salsabila

-Ghiffary Faley

-Taman Batu Hanjuang

-Talaga Surian

-Kolam Renang Zam-zam Pool

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Keluhan toko modern bukan 24 jam diutarakan oleh anggota DPRD Susanto. Ia menilai dengan beroperasinya 24 jam tidak berpihak kepada pedagang...

Tourism

KUNINGAN (MASS)- Berbeda dengan pelaku usaha yang lain sudah mendapatkan kelonggaran, sehingga jam operasional lebih panjang. Justru nasib berbeda dialami oleh para pengelola objek...

Tourism

KUNINGAN (MASS)- Pasca ada penutupan objek wisata secara serentak mulai 17  Maret, karena kebijakan PSBB yang diperlakukan pemerintah. Para pengelola objek wisata curhat karena...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Kejadian kurang menyenangkan dialami Ola, seorang asal Jakarta yang sedang berlibur di Kuningan. Pasalnya, dirinya harus mengalami kejadian tak sedap saat...

Advertisement