Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Sekertaris DPMD Kabupaten Kuningan H Akhmad Faruk S Sos M Si menjelaskan tentang PAW Kepala Desa

Government

Kades Bisa PAW? Ini Kata DPMD

KUNINGAN (MASS) – Kepala desa yang berhenti sebelum masa periodenya habis, ternyata bisa PAW (Pergantian Antar Waktu). Hal itu, diutarakan Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuningan H Akhmad Faruk S Sos M Si, Selasa (6/9/2022) kemarin.

Meski istilahnya sama, lanjut Faruk, PAW yang terjadi untuk kepala desa berbeda dengan PAW yang biasa terjadi di Legislatif.

“PAW itu tidak berarti langsung, tapi dipilih lagi oleh Musdes,” sebut Faruk di sela-sela pertemuan di Kantor Kecamatan Kuningan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada PAW legislatif, biasanya pengganti datang dari calon dengan suara terbanyak setelahnya. Namun, untuk kades, justru dipilih dari peserta Musdes.

“Makanya beratnya PAW itu, (karena) beban peserta Musdes itu luar biasa,” imbuhnya.

Dijelaskan Faruk, di Perda Kuningan, ada klausul ketika ada kades berhenti sebelum habis masa jabatan, maka diangkat PJ, kemudian menyiapkan PAW lewat Musdes.

Nantinya, hal itu ditawarkan ke peserta Musdes. Jika dikehendaki kades baru, maka dibentuk panitia dan mempersiapkan calon kades maksimal 3 orang. Nantinya dipilih seperti Pilkades, dengan metode sederhana, misalnya dengan kertas saja.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tidak ada kaitannya dengan calon yang lain (yang sebelumnya sama-sama mencalonkan, red),” ujarnya sembari menjelaskan, kalo tidak dikehendaki kades pengganti, maka jabatannya akan diemban oleh PJ sampai jadwal pemilihan berikutnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Drs H Ihsan Marzuki MM, dalam statement pertamanya sebagai anggota DPRD Kabupaten Kuningan, menyebut kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun”. “Sesungguhnya segala...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Dilantiknya Drs H Ikhsan Marzuki MM menjadi anggota DPRD Kabupaten Kuningan, Selasa (9/8/2022) siang ini, jadi perjalanan sejarah politik tersendiri, terutama...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Drs H Ikhsan Marzuki MM resmi dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Kuningan, meneruskan sisa masa jabatan 2019-2024. Ikhsan, dilantik menggantikan anggota...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, nampak dipenuhi karangan bunga berisikan ucapan selamat. Bahkan salah satunya datang dari gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid...

Advertisement