Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Regional

Jadi Sultan Kasepuhan Baru, Pangeran Kuda Putih Ternyata Warga Nusaherang

KUNINGAN (MASS) – Sultan Kasepuhan baru di Kesultanan Kesepuhan Cirebon yang akan dinobatkan dalam waktu dekat itu, ternyata warga Nusaherang.

Adalah Pangeran Heru Rusyamsi Arianatareja, Sultan yang kini dikenal dengan julukan Pangeran Kuda Putih dari Kuningan.

Dengan dinobatkannya Pangeran Heru nanti, artinya di Kesultanan Kesepuhan Cirebon akan jadi 4 Sultan.

Hal itu, disampaikan ke publik oleh Sekertaris Buhun Pemangku Adat Tertinggi Santana Kesultanan Cirebon Raden Hamzaiya.

“Kedua orang tuanya merupakan trah putra waya asli yang terlahir di salah satu desa kecil di dekat kaki gunung Ciremai, tepatnya di bawah bukit Mayana,” jelasnya beberapa waktu lalu, sembari menyebut Desa/Kecamatan Nusaherang.

Dikatakan, dari sang ayah, Pangeran Heri trahmya ke Pangeran Cakrabuana dari Pangeran Singa Leksana (Nusaherang). Dari situlah gelar Pangeran didapatkan.

Sedangkan dari turunan ibu, trahnya bersambung ke Sultan Sepuh III Tajul Arifin Muh Zaenudin (kesepuhan awal), dari putra pertamanya Pangeran Aria Nataredja Muh Satariah. Dari turunan ini, Pangeran Heru dapat gelar Raden.

Bukan tanpa hambatan, selama 7 tahun belakangan Pangeran Heri atas restu orang tua dan keluarga, terus menelusuri jejak para leuhurnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam perjalanan itu, dikumpulkan beberapa peninggalan penting yang berhasil disatukan seperti naskah tua serta pusaka peninggalan leluhur.

Selain itu, Pangeran Heri juga dianggap berhasil menyambungkan kembali silaturahmi putra waya yang berada di Cirebon maupun luar kota bahkan luar negri.

Seperti Kuningan, Tasik, Ciamis, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Malaysia, Singapura, Brunai hingga Sri Langka.

Wadah itulah yang kemudian terbentuk sebagai wadah dzuriah Santana Kesultanan Cirebon. (eki)

1 Comment

1 Comment

  1. yayan mulyana

    22 Desember 2021 at 11:57 am

    Geus lain jamanna ngugung ngugung ngagul ngagul feodalisme…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement