Tempat Usaha Terbakar, Rugi Rp87 Juta

KUNINGAN (MASS) -Lagi-lagi musibah kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan. Kali ini kebakaran terjadi di Dusun Puhun Rt 1 /4 Desa Haurkuning Kecaamatan Nusaherang, dimana tempat usaha berupa panglong kayu terbakar.

Kejadain terbakar kayu Rabu (1/7/2018) sekitar jam 03.10 WIB. Untuk memadamkan panglong berukuran 25 M x 40 M milik  Rustandi (54)  petugas Damkar harus bekerja keras. Mereka menerjunkna dua unit mobil dan delapan petugas.

Api bisa dipadamkan  05.56 Wib  atau buuth waktu  1 jam 15 menit.  Penyebab kebakaran diperkirakan adanya pembakaran sampah kemudian merembet kebangunan panglong kayu, terlebih saat ini musim kemarau sehingga api cepat merembet karena ada hembusan angin.

Akibat kejadain ini korban menderita kerugian mencapai Rp83 juta. Adapun yang terbakar adalah  bangunan  7 M x 9 M = 63 M x Rp 1.000.000/M2 = Rp.63 juta . Lalu,  kayu  yang ikut terbakar berbagai ukuran adalah Rp20 juta.

Pemilik bangunan, Rustandi  mengucapkan terima kasih kepada petugas damkar yang dengan cepat merespon laporan kejadian kebakaran, sehingga kebakaran tidak menghanguskan seluruh bangunan panglong kayu dan tidak merembet kebangunan yang lainnya.

“Andai telat maka saya akan mengalami kerugian sangat besar. Sekali lagi terimakasih kepada Petugas,” ujar Rustandi.

Sementara itu Kepala UPT Damkar Kuningan Bambang Hernaedi melalui Kasubag TU Khadafi Mufti mengingatakan,  agar setiap warga masyarakat yang melakukan segala jenis usaha menempatkan petugas jaga piket. Mengingat saat ini situasi musim kemarau berkepanjangan .

“Jangan mambakar sampah atau apapun tanpa pengawasan /bahkan ditingalkan begitu saja, yang akan berakibat kebakaran,” pintanya.

Ia meminta, kepada aparatur pemerintahan desa di wilayah Kabupaten Kuningan agar mendata segala jenis usaha yang berada diwilayah hukum masing-masing. Kemudian agar dilakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya dalam bentuk apapun, termasuk bahaya kebakaran.

Diutamakan lanjut dia, agar setiap jenis usaha dimaksud menyediakan sarana dan parasarana pencegahan bencana, termasuk bencana kebakaran seperti Alat Pemadam Api Ringan /Alat Pemadam Api Besar, Mesin pompa air lengkap dengan selang, Membuat sumur /Torn air. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com