Selasa Malam Api Masih Berkobar di Gunung Ciremai, Diperkirakan 250 Ha Terbakar

KUNINGAN (MASS) –  Kepala BPBD Kuningan  Agus Mauludin SE mengatakan, hingga Selasa malam jam 22.40 WIB api di kawasan Taman Gunung Ciremai masih menyala.  Pada  pukul 17.45 di Blok Cileutik api kembali menyala mengarah ke timur api merambat cepat.

“Api masih menyala hingga malam ini. Petugas masih berkerja keras melakukan pemadaman,” ujar Agus kepada kuninganmass.com, Selasa (2/10/2018).

Mantan Kabag Humas Setda Kuningan ini menyebutkan,  rencana penanganan malam ini yang akan dilakukan adalah pengiriman personil pemantau dari BPBD di Bukit Seribu Bintang (BSB) sebanyak 4 orang. Lalu,  pengiriman 30 personil dari MPA dan relawan untuk pemadaman dan penyisiran di Blok Arca dan Gunung Dulang dari Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan.

Selain itu juga  pengiriman 20 personil dari MPA dan relawan untuk pemadaman dan penyisiran di Blok Cileutik dari Desa Cibuntu Pasawahan.  Kemudian,  Pengiriman 30 personil dari MPA dan relawan Kuningan dan Majalengka untuk pemadaman dan penyisiran serta pemantauan di Blok Blok BSB dari Padabeunghar.

Diterangkan, kendala selama ini dalam pemadaman adalah kondisi medan yang berbukit dengan dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu yang mengering. Lalu, kondisi lahan berbatu dan kendala terakhir adalah luasnya area kebakaran.

“Kawasan hutan yang terbakar sementara diperkirakan seluas 250 Ha. Kebakaran terjadi sejak Minggu jam  Minggu 30 September 2018 jam  12.00 WIB,” sebut Agus..

Lokasi kebakaran merupakan daerah perbukitan yang di dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu dengan kondisi lahan bebatuan pada ketinggian 300 Mdpl – 1600 Mdpl. Sejak hari Minggu tim sudah melakukan berbagai upaya dan sudah menerjunkan lebih dari 100 personil.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com