Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Sambut Hari Lahir Pancasila, Seekor Anak Elang Jawa Menetas



KUNINGAN (MASS)- Momen peringatan Hari Lahir Pancasila terasa istimewa bagi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Pasalnya, tim monitoring menemukan lahirnya seekor elang jawa atau  Nisaetus bartelsi) di kawasan TNG

Kegiatan monitoring yang melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA), kali ini juga menyertakan seorang mahasiswa IPB University.

“Pada 28 Mei 2021 sekitar pukul setengah lima sore, kami berhasil mendokumentasikan seekor anak elang Jawa bersama induknya di sarang pada satu titik hutan gunung Ciremai,” Hendra Purnama, petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) anggota Tim Monitoring Elang Jawa BTNGC, via jaringan komunikasi pribadi, kemarin (30/5/2021).

Diperkirakan anak elang jawa tersebut baru berusia seminggu.
Diterangkan, usia anak elang jawa dapat perkirakan dari bulu putih yang tumbuh di seluruh tubuhnya.

“Bulu putih tersebut akan semakin gelap seiring bertambah usia sang anak. Anak elang Jawa teramati sedang belajar berdiri di sarang. Sementara sang induk sesekali keluar sarang untuk mengawasi dan mencari mangsa pada radius 30 meteran,” tambahnya.

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan salah satu “top predator” atau pemangsa tingkat puncak penghuni kawasan TNGC.

Selain itu menjadi salah satu pertimbangan penunjukkan kawasan hutan Gunung Ciremai menjadi taman nasional pada tahun 2004.

Sejak tahun 2011 hingga saat ini, Balai TNGC telah rutin melakukan monitoring pada lokasi yang terindikasi menjadi habitat satwa ini.

“Hingga saat ini sudah ada 10 lokasi monitoring elang Jawa, 6 lokasi berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan dan 4 lokasi berada di SPTN Wilayah II Majalengka.

Dari hasil monitoring diperoleh data yang cukup menggembirakan, pada beberapa lokasi monitoring diketahui sarang aktif digunakan untuk bertelor oleh pasangan elang Jawa dan berhasil menetas.

Keliharan elang jawa ini seiring dengan kegiatan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melepasliarkan elang Jawa hasil rehabilitasi di kawasan Cipelang – Balai TN Gunung Halimun Salak , yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila hari ini 1 Juni 2021. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAM (MASS) – Babinsa Desa Parung Koramil 1502/Kadugede, Sertu Much Jamaludin bersama petugas gabungan melaksanakan patroli pengamanan di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC),...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bicara soal Tahura dan TNGC, Julkarnaen salah satu anggota DPRD Kabupaten Kuningan, hanya tersenyum sembari menyebut tidak tahu. Jul yang sejak...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Setelah Rabu terjadi kebakaran, musibah yang  sama kembali terjadi  Jumat (11/9/2020) pada pukul 17.30 WIB di blok Pajaten, Desa Padabeunghar Kecamatan...

Government

Wujudkan Ciremai Zero Fire 2020, Bersihkan  Jalur Sekat Bakar KUNINGAN (MASS) – Gerakan untuk mewujudkan Ciremai Zero Fire 2020 terus digalakan oleh berbagai pihak...

Advertisement