Duarrrr! Terdengar Ledakan di Poskesdes dan Langsung Api Berkobar

KUNINGAN (MASS) – Warga Desa Pekembangan Kecamatan Garawangi  usai salat Shubuh dikejutkan dengan suara ledakan dari bangunan Poskedes. Bukan hanya ledakan tapi juga kobaran api dari bangunan yang  terletak di dekat musala itu.

Kejadian kebakaran itu pada jam 05.00 WIB yang diawali dengan suara ledakan. Kontan warga yang berada disekitar lokasi berhamburan keluar termasuk yang berada di musala.

Begitu ada kepulan asap disertai api E Rusma (60 th/Pensiunan Pemadam Kebakaran) mengambik tindakan dengan menyemprotkan Apar (Alat Pemadam Api Ringan). Karena Api sudah membesar,  Surma  melaporkan kejadian kebakaran ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kuningan di no telepon (0232) 871113 pada  jam 05.10 WIB.

Tidak lama berselang 1 Unit Mobil Damkar dan 5 orang Anggota Regu 2 , meluncur ke TKP dan tiba di TKP pukul 05.20 wib. Dengan dibantu warga setempat, Anggota Babinsa dari Koramil Garawangi, Anggota Polsek Garawangi api berhasil dipadamkan pada pukul 06.30 wib (+- 1 Jam).

“Penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik. Alhamdulillah dari kejadian itu tidak ada korban. Adapun luas bangunan 6 x 8 = 48 m2, dan bangunan yang terbakar seluas 3 x 3 = 9 M2,” ujarnya Plt UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, Rabu (15/5/2019) pagi.

Khadafi MMufti menyebutkan,  taksiran kerugian adalah Rp26,5 juta karena  bangunan yang terbakar seluas 9 m2 x Rp.1.500.000/ m2 = Rp13,5 juta,. Selain itu  televisi dan  kulkas terbakar dengan kerugian +- Rp8 juta,  1 Set Peralatan Medis seharga Rp5 juta.

Mengenai kebutuhan mendesak lanjut dia, adalah   perlu segera dilakukan perbaikan bangunan Poskesdes untuk pelayanan kesehatan warga setempat. Ia memuji ada upaya dari warga untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan Apar. Hal ini menunjukan pentingnya ada Apar disetiap bangunan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com