Desa Padahurip Diterjang Bencana, Ini Jumlah Kerugiannya!

KUNINGAN (Mass)- Setelah reda beberapa saat, kejadian longsor di Kabupaten Kuningan kembali terjadi. Saat ini bencana menerjang Desa Padahurip Kecamatan Selajambe.

Dari informasi kejadian longsor terjadi Sabtu (11/3/2017) sekitar pukul 22.00 WIB. Penyebab utama  adalah hujan deras. Penanganan longsor sendiri baru dilakukan hari Minggu (12/3/2017).

Berikut data lengkap bencana di Desa Padahurip. Yang pertama yang terdampak bagian depan rumah/teras milik  Heryana (65). Warga Dusun  Tajur Rt 015/005 Desa Padahurip, ketinggian 8 meter dan lebar 5 meter, tidak ada korban jiwa dan kerugian material diperkirakan Rp10 juta.

Kemudian ,  bagian belakang dapur rumah terbawa longsor milik  Sukirman (70) yang terletak di  Dusun Cipicung Rt 06/02.  Adapun ketinggian longsor adalah 7 meter dan lebar 4 meter.

Beruntung  tidak ada korban jiwa dan kerugian materi di perkirakan Rp15 juta. Lalu,  bencana terjadi di   Blok Luluk atas Dusun Cipicung Rt 06/02 Desa Padahurip longsoran menutupi jalan Kabupaten Cipasung-Subang.

Tidak ada korban jiwa, ketinggian 25 meter dan lebar 15 meter. Kerugian materi Rp15 juta. Dengan kerja keras pihak kepolisan, TNI, BPBD dan warga  akses jalan sudah bisa dilewati kendaraan R2 dan R4.

Bencana tidak berhenti disitu, namun juga terjadi di       Blok Luluk bawah Dusun Cipicung Rt 06/02 Desa Padahurip longsoran tanah menutupi jalan Kabupaten Cipasung-Subang. Tidak ada korban jiwa, ketinggian 30 meter dan lebar 7 meter. Adapun  kerugian materi Rp10 juta. Akses jalan sudah bisa dilewati kendaraan R2 dan R4.

Sementara di  Blok Sadagung Dusun Cipicung Rt 06/02 Desa Padahurip longsoran tanah menutupi Jalan Kabupaten Cipasung-Selajambe. Tidak ada korban jiwa, ketinggian 100 meter dan lebar 20 meter, kerugian materi Rp20 juta. Akses jalan sudah dilewati kendaraan R4 dan R2.

Sementara itu  di     Blok Jawura Dusun Cipicung Rt 06/02 Desa Padahurip longsoran tanah menutupi jalan Desa Padahurip-Jamberama, tidak ada korban jiwa, ketinggian 50 meter dan lebar 30 meter. Kerugian materi Rp25 juta. Akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan R4 dan R2.

Sedangkan di Blok Pasir Bangkong Dusun Cipicung Rt 01/01 Desa Padahurip longsoran tanah menutupi jalan Pertanian, tidak ada korban jiwa, ketinggian 130 meter dan lebar 60 meter, kerugian materi Rp30 juta.  Akses jalan tidak bisa dilewati R4 dan R2.

Sementara itu, kejadian tanah longsor menjadi perhatian  Wakil Bupati Dede Sembada. Orang nomor dua di kota kuda itu, pada Minggu pagi meninjau lokasi bencana.

Desem ke lokasi bencana di dampingi Camat Selajambe Drs Agus Sumedi,  Kapolsek Selajambe Iptu Harminal Marnis Haroen Piliang, Kanit Intelkam Bripka Aas Rosnawan SE. Lalu,  Kepala Desa Padahurip Subandi, Sekdes Nana, Kadus Cipicung Asep Saefudin. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com