4 Hari Terjadi 12 Kebakaran, Pelaku Pembakaran Lahan Belum Pernah Ditangkap

KUNINGAN (MASS)- Tiada hari tanpa kebakaran di Kabupaten Kuningan. Itulah gambaran kuningan saat ini. Sejak Rabu hingga Sabtu sudah ada 12 kejadian. Adapun rinciannya adalah Rabu dua kasus, Kamis lima kasus, jumat 3 kasus dan Sabtu (21/9/2019) dua kasus.

Untuk Sabtu selain , kebakaran bangunan SMAN Luragung , juga kebakaran kebakaran Lahan Milik PT Duta Jadir milik H Dedi Suhandi (70) yang beralamat  Dusun Pahing RT 1/1 Desa Karangmang Kecamatan Kramatmulya.

Kebakaran terjadi  pada jam 17.45 WIB dan api berhasil dipadamkan jam 19.15. Adapun lahan yang terbakar adalah seluas 1 Hektar yang terdiri dari bibit  jati,  jabon,  albasiah, dan pohon bambu dengan kerugian Rp10 juta.

Dari jumlah 12 itu, tiga diantaranya adalah kebakaran rumah dan banguan. Sedangkan sisanya adalah kebakaran lahan. Untuk lahan jumlahnya lebih dari 80 kasus. Ini harus menjadi perhatian serius dan yang terpenting hingga saat ini belum ada pelaku yang tangkap.

“Kami sudah mengimbau kepada warga agar ketika menemukan atau melihat pelaku  pembakaran lahan/hutan segera laporkan kepada pihak aparat berwajib. Hal ini  supaya ada efek jera. Meski saat belum ada pelaku kami terus mengingatkan,” ujar Plt Kepala UPT Damkar Kunigan Khadafi Mufti MSi,.

Khadafi menyebuktan, dari semua kasus kebakaran lahan kebanyakan adalah keteledoran ketika membakar sampah dan ada juga yang diduga disengaja. Kondisi ini membuat pihaknya harus kerja keras untuk mengantisiasipasi agar kebakaran tidak meluas.

“Kalau menyebut kasihan petugas sudah pasti karena dengan jumlah kebakaran banyak membuat mereka 24 jam standby. Kami hanya berdoa semoga Allah melindungi tugas mulia ini dan yang terpenting diberikan kesehatan agar dalam menjalankan tugas bisa selamat,”” pungkasnya. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com