Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Hampir Rp1 Miliar Baznas Salurkan Beasiswa dan Stimulan Pendidikan

KUNINGAN (MASS) – Setiap tahun Baznas Kuningan menyalurkan bantuan Beasiswa dan stimulan pendidikan kepada para pelajar di kota kuda.

Seperti pada Selasa (29/9/2020) bertempat di Geduh IPHI Disalirkan dana Rp964.400.000 kepada ratusan penerima. Mereka terdiri dari SMA, mahasiswwa, satri/

“Penyaluran ini merupakan program Baznas  Kuningan Cerdas sebagai salah satu unggulan dari lima program ”Kuduha Cermat” (Kuningan Peduli, Sehat, Cerdas, Makmur, Takwa),” ujar Ketua Baznas Kuningan H Encu Sukat WS MA, usai acara.  

Adapun anggaran yang nyaris Rp1 miliar itu adalah Beasiswa SMA/SMK/MA dan PT Rp246.500.000, Stimulan Pendididikan PT  Rp160.500.000, Beasiswa dan stimulan Pendidikan Santri Rp 80 juta dan Stimulan Pendidikan Umum Rp 477.400.000.

Diterangkan, 2abah corona, pandemi covid-19 ini menimbulkan dampak yang luar biasa tidak hanya sektor kesehatan saja melainkn sektor ekonomi dan pendidikan pun terkapar.

Banyak keluarga yang secara ekonomi terpukul para orang tua kehilangan pekerjaannya sehingga berpotensi anaknya terancam tidak bisa melanjutkan sekolah atau kuliah karena kesulitan dana.

Dalam situasi yang lebih buruk, orang tua dihadapkan pada pilihan dilematis memberi makan keluarga atau membiayai pendidikan anak, ini berpotensi angka putus sekolah/kuliah meningkat.

Dalam jangka panjang, anak-anak yang berhenti sekolah/kuliah ini mmiliki kemungkinan besar untuk menganggur, baik secara tertutup maupun terbuka.

“Ini bukan hanya secara akumulatif akan menurunkan produktifitas nasional, tapi membuat mereka terjebak dalam lingkaran tidak berujung kemiskinan struktural,” jelasnya.

Dalam amanah UU Pengelolaan Zakat no 23 tahun 2011 Baznas  dibentuk memiliki tujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat.

Oleh karena itu bagian dari tanggung jawab dan amanah undang-undang serta dari para muzaki yang berzakat kepada Baznas Kabupaten Kuningan untuk mengelola serta menyalurkannya.

Maka lanjut dia, peran strategis Baznas dalam rangka mengentaskan kemiskinan adalah salah satunya melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia mealaui penyaluran beasiswa dan stimulan pendidikan.

“Sehingga Baznas hadir peduli pendidikan di tengah pandemi sebagai pemutus rantai kemiskinan,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kuningan Drs Dadi Hariadi yang mewakili Bupati Kuningan menyambut positif penyaluran dan beasiswa. Pasalnya, semua terdampak adanya pandemi ini. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Tim Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupten Kuningan membuka pendaftaran untuk posisi Calon Pimpinan Baznas periode 2020-2025 dari unsur masyarakat. Pendaftaran dibuka mulai...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kesadaran para PNS/ASN yang ada di Kabupaten Kuningan membayar zakat ternyata sangat rendah. Data dari Baznas Kuningan baru mencapai 20,4 persen....

Economics

KUNINGAN (MASS) – Baznas Kabupaten Kuningan membagikan 10 kursi roda untuk orang berkebutuhan, 25 gerobak dagang bagi mustahik yang berwiraswasta, serta akan merenovasi 13...

Government

KUNINGAN (MASS) – Potensi Zakat, Infaq dan Shadaqoh (ZIS) di Kabupaten Kuningan ternyata tinggi. Potensi tersebut dikeluarkan Baznas berdasarkan hitungan jumlah jiwa di Kuningan....

Advertisement