Setelah 7 Tahun, Apa Kemajuan RSUD Linggajati?

KUNINGAN (MASS)- RSUD Linggajati berdiri tahun 2012 dan kini genap berusia 7 tahun. Pertanyaan besar muncul dari warga Kuningan, apa yang sudah dicapai oleh rumah sakit yang terletak di Desa Bandorasawetan Kecamatan Cilimus itu.

Sekedar infrormasi RSUD Linggjati awalnya rumah sakit khusus ibu dan anak, dimana pada saat itu hanya melayani kegawatdaruratan khususnya kegawat daruratan ibu dan anak serta klinik rawat jalan.

Namun karena kebutuhan jumlah tempat tidur untuk pasien pasien umum pada waktu itu masih sangat kurang, maka satu tahun kemudian ditingkatkan meniadi rumah sakit umum daerah dengan jumlah tempat tidur sebanyak 60 bed.

Hal itu berdasarkan SK Mentri Kesehatan. Melalui SK Menkes itu ditetapkanlah rumah sakit  sebagai rumah sakit kelas C.  Bagaimana sekarang?   Saat ini rumah sakit  sudah  memilki 140 tempat tidur dari mulai kelas 1 hingga kelas 3 serta ditambah 4 tempat tidur untuk ICU.

Sementara itu, pelayanan dokter spesialis berupa 4 spesialis besar yaitu spesialis anak, spesialis bedah, penyakit dalam dan kebidanan kandungan. Sedangkan spesialis lainnya , spesialis syaraf, spesialis paru paru serta 2 penunjang yaitu radiologi dan patologi klinik.

Adapun jumlah tenaga yang atau THL kami miliki berjumlah 388 orang yang terdiri dari 72 PNS dan 316 non PNS serta THL TP.

Menurut Direktur RSUD Linggajati dr Zainal Arifin selian itu pihaknya pun terus berbenah  dimana ada beberapa pelayanan kegiatan yang telah dan akan dilakukan yaitu pelayanan klinik geriatrik, untuk melayani pasien usia lanjut secara komprehensip dan terpadu.

Lalu, merencanakan, menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana bagi pasien penyandang disabilitas, berupaya untuk menjadi rumah sakit sayang ibu dan anak (RSSIB). Kemudian, menganggarkan untuk penyediaan dan penyelenggaraan ambulance gratis terutama bagi pasien miskin dan kurang mampu.

“Kepada pemerintah daerah dan seluruh stakeholder serta seluruh masyarakat Kuningan, kami mohon dukungan agar RSUD Linggajati dimasa yang akan datang menjadi RSUD menjadi RS kebanggan masyarakat Kuningan serta mampu memberi pelayanan yang optimal,” jelasnya.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com