Salah Satu Homestay Terbaik di Asia Ada di Kuningan Lho!

KUNINGAN (Mass)- Masih banyak warga Kuningan yang tidak  mengetahui bahwa salah satu Homestay terbaik di asia ada di Kuningan tepatnya di desa wisata Cibuntu.

Nama homestay tersebut adalah Homestay Teratai 3. Rumah  tinggal ini masuk peringkat lima terbaik ajang ” ASEAN Award 2017″.

“Iya terbaik ke lima di Asia. Tentu ini menjadi kabanggaan dan akan semakin mengenalkan Desa Cibuntu ke mata dunia,” jelas Sekretrais Disporapar Drs Toto Toharudin MPd belum lama kepada kuniganmass.com.

Toto yang didampingi Kasi Pengembangan SDM Rito Riswanto MPar menyebutkan, jumlah homestay di desa wisata Cibuntu ada sekitar 40. Setiap akhir pekan dan hari libur panjang selalu ramai.

Dikatakan, dengan banyaknya pengunjung wisata memberikan dampak positif baik ke Pemkab Kunngan dan juga ke warga. Di Kuningan sendiri objek wisata yang menyediakan fasilitas homestay selain Cibuntu adalah Desa Sakertatimur Kecamatan Darma.

Sekedar informasi Desa Cibuntu masuk ke wilayah Kecamatan Pasawahan. Desa ini dikenal karena berada di lereng gunung Ciremai.

Di desa ini terdapat situs-situs yang konon ceritannya merupakan tempat-tempat napak tilas para wali ketika akan menuju ke Gunung ciremai. Ada satu yang agak unik namanya Loa.

Dengan tersusun rapih ada satu batu besar mirip sebuah meja kemudian dikelilingi batu-batu kecil mirip sebuah kursi. Disampingnya ada aliran air dan dibawah pohon loa yang meneduhi meja tersebut keberadaanya percis sebelum masuk desa Cibuntu.

Desa Cibuntu merupakan sebuah desa yang penghuninya diperkirakan sudah ada sejak jaman batu. Perkiraan itu bukan tanpa dasar karena di desa ini pernah ditemukan benda-benda purbakala berupa alat yang dibuat dari batu, Giok.(agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com