Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Mengenal Situs Bujal Dayeuh

KUNINGAN (MASS)- Kabupaten Kuningan itu kaya akan peninggal sejarah terutama peninggalan pra sejarah. Bukan hanya di Kelurahan Cigugur menhir dan dolmen ditemukan, tapi di wilayah lain pun ditemukan.

Salah satunya ada di Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan. Di desa yang dikenal sebagai desa wisata itu terdapat  Situs Bujal Dayeuh  dengan koordinat 06° 52′ 563″ LS dan 108° 28′ 345″ BT serta ketinggian ± 578 mdpl.

Tahun 1967, Peti Kubur Batu ditemukan oleh Suja’i di kebun samping rumahnya. Dari dalam Peti Kubur Batu ditemukan beberapa Kapak Genggam.

Pada bulan Februari 1972, diadakan ekskavasi di beberapa titik situs oleh Tim dari Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional (LPPN) Jakarta, yang dipimpin oleh Drs Teguh Asmar MA.

Dari 2 lokasi di sekitar Alun-alun Desa Cibuntu didapat lagi puluhan Kapak Genggam, Gelang dan Kelenting, serta 1 (satu) Kapak Genggam dari Saurip II (Kidul) berwarna Ati ayam.

Di Cibuntu, terdapat pula temuan benda Megalitik seperti; Menhir, Dolmen, Peti Kubur Batu, Arca, dan struktur batuan lainnya di wilayah Panyusupan.

Hal-hal yang ditunjukan pada penemuan peti kubur batu, bahwa benda tersebut tidak berasal dari gelombang kebudayaan megalitik muda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tetapi dari gelombang yang tua. Dengan demikian dapat ditentukan waktunya yaitu sekitar 3500 sebelum tarikh Masehi.

Pada acara Jambore Kompepar belum lama  ini para peserta diajak keliling desa dan salah satunya mengunjungi situs ini.

Situs ini menjadi daya tarik pengunjung desa wisata terlebih lokasinya berada dekat dengan home stay terbaik di asia tenggara. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

PASAWAHAN (MASS) – Gubernur Jawa Barat, H Mochamad Ridwan Kamil didampingi Kadis Parbud Provinsi Jawa Barat, Dr H Dedi Taufik, M.Si menghadiri acara Sedekah Bumi...

Government

PASAWAHAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH   Menghadiri acara Bimtek Pengembangan Ekonomi kreatif dan Tata kelola Desa Wisata di Desa Cibuntu Kecamatan...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Penemuan tengkorak kepala manusia yang ditemukan di saluran air Sinyur di Dusun Paksilaur RT 18 RW 09 Desa Cibuntu Kecamatan Cigandamekar pada...

Incident

PASAWAHAN (MASS) – Pilkades di Desa Padamatang Kecamatan Pasawahan masih menyisakan persoalan. Ditengah upaya peredaman situasi, muncul ucapan-ucapan masyarakat pendukung calon kades di media...

Advertisement