Linmas Dilatih Kesiapan Menghadapi Bencana

KUNINGAN (MASS) – Anggota Koramil 1502/Kadugede menggelar kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana Alam.

Selain itu juga Peningkatan Kapasitas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Jagara di Aula Balai Desa Jagara dan Obyek Wisata Waduk Darma, Kecamatan Darma, Minggu (22/11/2020).

Kegiatan yang diikuti 10 orang tersebut terdiri dari materi penanganan menghadapi bencana alam.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kesiapan Linmas, terutama dalam mengambil tindakan saat terjadi bencana.

“Kita semua tidak tahu kapan terjadinya bencana. Karena itu masyarakat maupun pihak pemerintah desa perlu dibekali pelatihan tanggap darurat bencana seperti ini,” Babinsa Desa Jagara, Serda Toto Sudarto.

Tujuan lain agar terlatih dan tidak panik saat melakukan evakuasi secara darurat. Selain itu, Serda Toto menambahkan, peningkatan kapasitas Linmas dilaksanakan untuk mengoptimalisasi peran serta keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat.

Dengan harapan mampu melakukan pendekatan persuasif, edukatif, maupun partisipatif dalam bermasyarakat.

“Karena anggota Linmas ada lebih dekat dengan masyarakat. Maka, perlu meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas seperti, membantu penanggulangan bencana, keamanan, maupun ketentraman dan ketertiban masyarakat,” lanjut dia.

Serda Toto kemudian menghimbau untuk tidak panik saat terjadi bencana alam. Selalu berdoa dan lakukan tindakan yang akurat dengan melakukan koordinasi yang baik.(agus)