Lampu “Merah” Untuk Penyebrang Jalan, Pelican Cross Diuji Coba

KUNINGAN (MASS) – Ada yang baru di depan Kantor Bupati Kuningan dan di pertokoan Jl Siliwangi. Sebuah lampu lalu lintas yang diperuntukan bagi penyebrang tersedia di dua tempat tersebut.

Namanya Pelican crossing, alat elektronik yang mengatur pemakai jalan yang akan menyeberang lebih tertib, teratur, lancar, aman, nyaman dan selamat.

D. Suparman Kasi Pengendalian Operasional yang sedang bertugas mengawasi Pelican Crossing di depan Pendopo menyebutkan bahwa alat tersebut diharapkan membantu para penyebrang jalan.

“Setiap penyebrang menekan tombol, nanti ada peringatan dan lampu berubah menjadi lampu merah dan automatis setelah 15 detik kembali hijau,” ujarnya saat ditanyai di sela-sela tugasnya, Selasa (15/10/2019).

Dirinya mengaku, pihak dishub masih akan lakukan evaluasi soal estafet waktunya. Apakah menjadi kelancaran bagi penyebrang dan pengendara.

“Karena kalau menyebrang satu persatu tekan tombol, bisa menimbulkan penumpukan kendaraan. Mungkin bagus juga kalo menyebrangnya bisa berkelompok 4-5 orang lalu tekan tombol,” tambahnya.

Ujang Jaidin, SH, MH, Kabid lalu lintas, melalui Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Solikin, Amd All, SE, MM mengkonfirmasi program yang digalakkannya tersebut. Dirinya menyebut saat ini Pelican crossing tersebut masih dalam tahap ujicoba.

“Ya pak Pertokoan jl Siliwangi, depan toko golden bakery (satunya) lagi,” ujarnya melalui sambungan seluler.

Sat ini, ujicoba tersebut dilakukan sebagai upaya sosialisasi. Kedepannya, dimungkinkan akan ada aturan dan dilakukan penindakan untuk mereka yang melanggar. (eki/trainee)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com