Kuningan Tuan Rumah Pemilihan Supir Teladan

KUNINGAN (Mass)- Dari mulai tanggal 24-27 Juli di Kabupaten Kuningan dilakukan pemilihan supir atau Abdi Yasa Telada Tingkat Provinsi Jabar. Total ada 28 supir atau pengemudi angkutan yang akan beradau menjadi yang terbaik di Jawa Barat.

Adapun kegiatan seleksi digelar Grage Sangkan Hotel Spa. Acara pembukaan digelar pada Senin (24/7). Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Turut hadir juga Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman SE MSi, Wadir Lantas Polda Jabar AKBP Asep Faisal, AKBP Asep Mujiyono Kasubdit Gakum Dit Lantas Polda Jabar, Kadishub Prov Jabar Dedy Taufik.

Lalu, Kabid Darat Dishub Prov Jabar Andreas Wijanto, Kadishub Kabuapten Kuningan Deni Hamdani, Kepala Balai Wilayah IV Dishub Prov Jabar Diding. Kemudian, Kepala Balai Laut Dishub Prov Jabar Idit Gunawan, Kasi Keselamatan Lalu Lintas Dishub Prov Jabar Effendi Edo, Kasi Sarana dan Prasarana Dishub Prov Jabar Ali Nurudin, Kabag Humas Kab Kuningan Wahyu Hidayat.

Menurut Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik, pengemudi yang sudah terpilih ini memiliki peran sebagai pelopor keselamatan lalu lintas. Dan nantinya mereka bisa menjadi agen of change ditempat kerjanya masing-masing, sehingga tingkat kesadaran pentingnya keselamatan berkendaraan terus saling diingatkan antar sesama pengemudi.

“Melalui kegiatan ini akan tumbuh kesadaran dari pengemudi angkutan akan pentingnya tertib dan berdisiplin berkendaraan. Kemudian, menumbuhkan prilaku pengemudi yang profesional dan berkualitas dan tentunya dengan mengedepankan keselamatan,” beber Dedi.

Mengenai indikator penilaian pengemudi tersebut lanjut dia, meliputi prilaku dari dirinya sendiri karena pengaruh prilaku tersebut dapat berpengaruh secara psikologi akan peranannya sebagai pengemudi. Maka, disini dibutuhkan profesional dari pengemudi jangan sampai persoalan yang dihadapi secara pribadi akan berdampak pada kinerjanya.

Tak kalah penting lanjut dia, pengetahuan pengemudi juga menjadi penilaian yang penting. Terutama pengetahuan akan berkendaraan. Dan terakhir keterampilan dari pengemudi bagaimana dia menguasi dirinya saat berkendaraan.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H Acep Purnama menyebutkan, persoalan lalulintas merupakan tanggungjab bersama. Untuk itu kesadaran akan keselamatan berkendaraan mesti menjadi prioritas terlebih lagi pengemudi angkutan membawa penumpang.

“Saya berharap adanya pemilihan ini memberikan dampak positif sehingga para supir memiliki pengetahun tentang berkendara,” ucapnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com