Ikuti Bintek Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri, PPK Diminta Amanah

Bagian Pengadaan Barang/Jasa (Barjas) Setda Kuningan menggelar kegiatan  dan Penyusunan Rancangan. Dengan peserta Pengguna Anggaran yang bertugas sebagai PPK dan Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK).

Acara  ini dihelat  di Aula Pertemuan bjb  Kancab Kuningan, Senin (2/4/2018). Adapun pesernyat berjumlah puluhana orang.

Kepala BPBJ  Setda Kuningan U Kusmana, MSi mengatakan, BPBJ bertugas dan berfungsi untuk melakukan  pembinaan Sumber Daya Manusia  yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa.

Adapun tuujuan kegitan ini  untuk meningkatkan pemahaman bagi PPK dalam penyusunan HPS dan Rancangan Kontrak,  sehingga sasaran kegiatan  dapat tercapai Kemudian  peningkatan kualitas barang dan bangunan bermanfaat bagi pengguna dan memiliki umur ekonomis yang lama.

“Meningkatkan pengetahuan  dalam e-purchasing, karena dengan dukungan e-katalog, PPK memiliki aksebilitas  yang lebih luas untuk memilih dan membeli  produk-produk unggulan, meningkatkan profesioanlisme  PPK dalam merencenakan  kegiatan sehingga berdampak pada percepatan  pembangunan di Kabupaten Kuningan,” jelasnya mantan Kabag Umum  ini.

PPK lanjut dia, mempunyai tugas pokok yang berkaitan  dengan pengadaan barang/jasa pemerintah yang meliputi. Penetapan rencana  pelaksanaan pengadaan barang/jasa meliputi, menetapkan spesipikasi  teknis barang/jasa, menetapkan harga perkiraan  Sendiri (HPS), dan menyusun Rancangan Kontrak.

Dalam kegiatan ini peserta Bintek mendapatkan bekal  materi berkaitan dengan Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan rancangan kontrak.

Apapun Narasumber adalah  DR H Permana HendrawangsaME yang merupan  Pengwasan Kegiatan internal Rencana Aksi KPK. Sedangkann Narasumber dari Inspektorat Kabuapten Kuningan, jaminan pelaksanaan  Kegiatan jasa kontruksi  dan jasa lainnya, adn terakhir narasumber Direktur  bank bjb Kuningan.

Sementara itu, dalam arahannya Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengharapkan, bagi PPK yang telah ditunjuk oleh Pengguna Anggaran, diminta agar  betul-betul memahami dan menuasai regulasi yang ada. Agar secara langsung  memacu percepatan  pelaksanaan pembangunan.

Plt Bupati juga berpesan, agar  KPA/PPK,  menjaga amanah dan kepercayaan pemerintah  dalam melaksanakan tugas. Kepada Narasumber dari LKPP Ri agar  memberikan bimbingan yang tepat dan jelas, sehingga proses Bintek dapat berjalan  dengan baik dan para PPK dapat bekerja secara profesional. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com