Hanya Acep yang Lakukan Ini ke Mantan Bupati

KUNINGAN (MASS)- Semenjak Acep Purnama menjadi bupati ada hal yang baru dilakukan ketika berziarah. Bukan hanya ke makam para leluhur tapi para mantan bupati juga ia kunjungi.

Ketika bupati sebelumnya jarang hal ini dilakukan. Ziarah ke ini dilakukan setiap menjelang peringatan Harjad Kuningan ke 520.

Bupati tidak sendiri karena ditemani seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kuningan. Lalu, unsur Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah Kuningan, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK dan unsur organisasi lainnya.

Ziarah diawali ke Makam Pangeran Arya Kamuning, Raden Saleh Alibasah yang pernah menjabat Bupati Kuningan, Syekh Maulana Akbar.  Dilanjutkan ke Kelurahan Winduherang Kecamatan Cigugur yakni  Pangeran Ramajaksa.

Setelah itu, ke Cikaso ke Makam Bupati Subandi, dilanjutkan ke Makam umum di  Keleurahan Winduhaji, Di sini ziarah ke Bupati Hj Utje Ch Sugand,  lanjutkan Luragunng  ke makam Bupati Arifin Setiamihardja dan terakhir  ke Ciwaru ke makam Bupati R Aruman.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, selaku penerus cita-cita para leluhur, maka diirnya harus  senantiasa memberikan penghormatan. Salah satunya ziarah dan selalu mengirim doa.

“Adanya kita karena adanya mereka, adanya pemerintahan karena adanya pemerintahan sebelumnya. Jadi sepantasnya kita sebagai generasi penerusnya untuk senantiasa mendoakanya dan menteladani jasa-jasa kebaikannya,” tutur Bupati Acep.

Ia menambahkan, mereka adalah orang tua, disinilah belajar agar bertingkah laku sopan santun kepada orangtua. Dan bisa menjadi pembelajaran buat siapapun untuk bisa memiliki rasa hormat, sehingga bisa dijadikan contoh untuk masyarakat Kuningan agar terus memberikan semangat baru dalam menjalankan kehidupan.

Terpisah, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, KH Azis Ambar Nawawi Lc, yang berkenan memimpin doa, memanjatkan doa semoga para sesepuh Mulia di sisi Allah SWT, karena begitu banyak kebaikan yang mereka tebarkan.

“Hal ini dapat menumbuhkan bagi kita untuk lebih memanfaatkan sisa hidup ini. Dengan memperbanyak amal sebagai bekal kita nanti,” ujar Azis. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com