Di Kalimantan Selatan Bupati Terima Penghargaan  

KUNINGAN (MASS)- Kuningan kembali meraih satu penghargaan. Penghargaan tersebut adalah penghargaan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Adapun jenis  kategori adalah Manggala Karya Kencan. Ketegori ini diberikan kepada bupati karena prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunanan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, kepada Buapti Kuningan, H Acep Purnama SH MH dalam gelaran Acara Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI.

Acara digelar di Lapangan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada Sabtu(6/7/2019).

Selain Bupati Acep, sejumlah Kepala Daerah Jawa Barat juga berhasil meraih penghargaan tersebut, antara lain Bupati Sukabumi, Marwan Hamami yang mendapatkan penghargaan kategori Manggala Karya Kencana (MKK). Lalu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachdiana, meraih tanda kehormatan Satya Pembangunan (SP) KKBPK.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengatakan, Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni ini merupakan momentum untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai fondasi kehidupan sejahtera.

“Peringatan Harganas dengan tagline Cinta Keluarga, Cinta Terencana, mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya,” katanya.

Pada prinsipnya, kata Puan, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. Keluarga juga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat, dan juga memperteguh Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan Indonesia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia, keluarga yang tenteram, sejahtera, dan berbudaya,” ucap Puan.

Sementara itu Bupati Acep Purnama  mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih, seraya mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras semua elemen.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua masyarakat Kabupaten Kuningan,” Sebutnya.

Program Pemerintah khususnya dalam bidang kependudukan dan Keluarga Berencana dapat kita laksanakan dengan baik. Wabil khusus kepada Dinas Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana bupati sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras menurunkan laju pertumbuhan penduduk melalui penururnan TFR dan upaya meningkatkan CPR ( peserta KB aktif).

Sehingga Kuningan tahun ini kembali meraih penghargaan, setelah pada tahun 2017 juga kita dapat penghargaan yang sama.

Acep juga berharap kedepan  pihanya harus mempersiapkan dengan baik kegiatan-kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat.

Selain mendapatkan penghargaan Mangkala Karya Kencana, Kabupaten Kuningan juga meraih juara I Duta Genre Tingkat Provinsi Jawa Barat atas nama Imam Muhamad Agung Fauzi,seorang mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra sunda di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Imam berhasil menjadi juara I setelah melewati berbagai tahapan penilaian sejak bulan Juni 2019 di Provinsi Jawa Barat. Expose dan presentasi calon Duta Genre berhasil dilewati Imam hingga akhirnya berhasil menyingkirkan para peserta se-Jawa Barat dan berhak mewakili Jawa Barat ke Tingkat Nasional.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com