Bisa Tampung 50 Lebih Pasien, RS Penanganan Covid-19 Diresmikan

KUNINGAN (MASS)- Akhirnya Rumah Sakit khusus penanganan pasien Covid-19, Selasa (7/4/2020) pagi diresmikan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama. RS eks Citra Ibu di Jalan Siliwangi atau tanjakan Ciharendong itu   bisa menampung maksimal 50 lebih pasien karena total ada 28 ruangan yang tersedia.

Meski tempatnya terpisah namun RS ini bagian dari RSUD 45 Kuningan dengan nama  Instalsi Infeksi. Untuk saat ini petugas yang terlibat semua dari pihak RSUD dengan jumlah sekitar 60 orang. Apabila kekurangan maka meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan Kuningan.

“RS untuk penanganan pasien khusus  Covid-19 merupakan kebijakan Pemkab Kuningan dalam hal upaya penanganan pandemi Corona yang merupakan bencana nasional non alam dan termasuk kejadian sangat luar biasa karena menjangkit hampir di 203 negara,” tandas Acep.

baca berita sebelumnya: https://kuninganmass.com/government/eks-rs-citra-ibu-dibeli-rp75-miliar-pemda-sebut-lebih-murah/

Ia mengatakan, pihaknya  telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melakukan sosialisasi penyampaian informasi tentang Covid-19 dan pencegahannya kepada masyarakat. Selain itu  melakukan perluasan karantina wilayah parsial, termasuk menyaipakn eks RS Citra Ibu untuk menangin pasien khusus Corona.

“Alhamdulillah banyak hikmah yang telah kita rasakan dalam penanganan wabah Covid-19 ini, di mana telah banyak melahirkan rasa solidaritas diantara kita yang sangat tinggi, termasuk kepada masyarakat sekitar lokasi eks RS  yang telah mendukung penggunaannya untuk pasien khusus Corona,” sebut bupati.

Ia bersyukur  masyarakat memahami, karena ini bukan untuk kepentingan kelompok maupun golongan melainkan untuk kepentingan semua masyarakat Kabupaten Kuningan.

Dikatakan, sebagai bekas rumah sakit, RS Eks Citra ibu telah memenuhi standarisasi dan sfesifikasi dalam hal pelayanan medis. Adapun sarana yang dimiliki untuk pelayanan pasien suspect Corona ini yakni, pelayanan radiologi, laboratorium 24 jam.

baca berita sebelumnya:https://kuninganmass.com/anything/9-tahun-tak-digunakan-ini-sejarah-bangunan-eks-rs-citra-ibu/

Kemudian, instalasi farmasi, instalasi gas oksigen, instalasi pengolahan air limbah, lift khusus pasien. Selain itu  juga dilengkapi sistem tata udara bertekanan negatif dengan suhu 800 derajat celcius untuk melokalisir penyebaran udara yang tidak sehat.

“Semoga,  RS ini  dapat menunjang pelayan medis terkait penanganan Covid-19 ini. Saya juga ucapkan terima kasih kepada tenaga medis, dan seluruh pihak termasuk masyarakat yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini,”  tandas suami dari Hj Ika itu.

Diakhir sambutan, Bupati juga mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah dalam mencegah penyebaran virus corona. Sebab, dengan bersih maka mata rantai penyebaran virus akan terhenti.

Sementra itu, hadir dalam peresmian adalah  Ketua DPRD Nuzul Rachdy SE, Wabup  HM Ridho Suganda SH MSi, Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Dandim 0615/Kuningan Karter Joyi Lumi. Lalu, Kapolres Kuningan Lukman Syafri Dandiel Malik, Para Asisten, Camat Kuningan Saleh, Kadinkes Hj Susi Lusiyanti,  Direktur RSUD 45 Kuningan Deki Saefullah , serta sejumlah undangan lainnya.. (agus)