Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Gara-gara Job Matching SMKN 4, Ratusan Orang Dapat Kerja

KUNINGAN (MASS) – Dalam rangka merealisasikan program Bantuan Pemerintah Fasilitasi Pembentukan Pusat Pengembangan Karir Siswa/ bursa kerja khusus (PPKS/BKK) Tahun Anggaran 2020, SMKN 4 Kuningan menggelar kegiatan pemasaran tamatan (job matching).

Kegiatan job matching dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari Rabu-Kamis, 04-05 November 2020. Ada 7 dari 9 perusahaan mitra SMKN 4 Kuningan yang hadir berpartisipasi dan membuka lowongan kerja bagi lulusan SMK/ sederajat.

Peserta yang hadir dalam kegiatan job matching ada 429 pelamar, yang melamar ke-7 perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Rinciannya, yang melamar ke PT. Indomarco Prismatama sejumlah 230 orang, PT. Kaldu Sari Nabati sejumlah 34 orang, Bank BTPN sejumlah 40 orang, PT. PNM sejumlah 40 orang, LPK ORI Pemagangan ke Jepang sejumlah 8 orang, LPK Hanaman/Pemagangan ke Korea sejumlah 4 orang dan PT. Mahawirya Makmur Sentosa sejumlah 73 orang. Total pelamar sejumlah 429 orang.

“Alhamdulillah animo masyarakat dalam hal ini para alumni SMK/ sederajat untuk mengikuti kegiatan job matching sangat antusias sekali, mudah-mudahan menjadi solusi bagi para alumni SMK/ sederajat yang belum bekerja atau habis kontrak di perusahaan, dengan mengikuti kegiatan pemasaran tamatan (job matching) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus (PPKD/BKK) SMK Negeri 4 Kuningan ini,” beber Kepala SMKN 4 Kuningan, Ramdan, S.Pd, M.Si.

Dari sejumlah 429 pelamar yang mengikuti tes dan yang yang dinyatakan berhasil lolos sesuai kriteria perusahaan sejumlah 235 orang (54,77%), dan yang belum sesuai dengan kriteria perusahaan sejumlah 194 orang (45,23%).

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Pemasaran Tamatan (Job Matching) yang juga sebagai Wakasek Bidang Humas Hubin, Kasum, S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen SMK Negeri 4 Kuningan dalam upaya meminimalisir pengangguran lulusan SMK/sederajat.

“Apalagi pada kondisi pandemi covid 19 ini yang berdampak kepada sebagian besar pemutusan hubungan kerja oleh beberapa perusahaan, dengan program ini diharapkan menjadi solusi bagi para pencari kerja dan mereka yang ingin berkarir di dunia kerja,” papar Kasum.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari kegiatan job matching ini tingkat keterserapannya mencapai 54,77 % (235 orang), sedangkan yang belum terserap sebesar 45,23% (194 orang).

“Saya atas nama SMKN 4 Kuningan, mengucapkan selamat kepada para pelamar yang berhasil dinyatakan lolos, dan yang belum lolos, tetap semangat, insyaallah SMKN 4 Kuningan, melalui Bursa Kerja Khusus (BKK)nya akan senantiasa mengupdate lowongan kerja untuk memfasilitasi para pencari kerja,” ujar Kasum.

Ucapan terima kasih ia sampaikan pula kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut. Terutama kepada perusahaan mitra SMK Negeri 4 Kuningan yang sudah berkenan untuk melaksanakan rekrutmen di SMKN 4 Kuningan.

“Kepada media online kuningannews.com juga kami ucapkan terima kasih atas suppportnya,” tukas Kasum. (deden)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Tahun 2020, SMK Negeri 4 Kuningan kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Vokasi, mendapatkan Bantuan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Mempersiapkan tenaga kerja yang mampu bersaing dikancah bursa kerja, perlu dibekali dengan keterampilan dan keahlian yang bermanfaat bagi siswa SMK. Tidak...

Education

KUNINGAN (MASS)- Lima siswa asal Kuningan yang sempat ditahan oleh pihak Polres Metro Jakarta Utara karena akan melakukan aksi demo, akhirnya pada Rabu sore...

Economics

CIDAHU (MASS) – Job Mathing 2019 yang digelar SMKN 4 Kuningan di Jalan Raya Cikeusik No 73 Cidahu, mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Terbukti...

Advertisement