Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Dukung Literasi, Taman Baca Masyarakat Arunika Diresmikan

KUNINGAN (MASS) – Kegiatan literasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan daya baca masyarakat. Budaya membaca memang selalu digalakkan oleh pemerintah Kabupaten Kuningan.

Apalagi di era digital dimana informasi mudah didapat, bahkan sebagian besar sekolah terus meningkatkan kegiatan membaca untuk siswanya.

Dalam rangka mendukung literasi Karang Taruna Adipati Angin bekerjasama dengan pengurus PKK Desa Maleber pada hari Minggu 28/03/2021 meresmikan Taman Baca Masyarakat yang diberi nama “Arunika”.

Turut hadir Pjs Kepala Desa, BPD, LPM, FKT Karang Taruna Kecamatan, Perangkat Desa, Pengurus PKK Desa Maleber, dan Pengurus Karang Taruna Adipati Angin.

Taman Baca Masyarakat ini merupakan program yang diadopsi dari Karang Taruna Dusun Pahing yang sudah berjalan sebelumnya dan sudah menjadi salah satu program kerja dari Karang Taruna Bidang Pendidikan, Pelatihan SDM dan PKK Pokja 2 Bidang Pendidikan.

Sehingga dalam pelaksanaannya digabungkan dalam satu program Literasi yaitu Taman Baca Masyarakat (TBM) dengan tema “Bersama Literasi Mari Membangun Negeri”.

Sasaran TBM ini adalah anak-anak SD SMP untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan yang positif untuk mereka khususnya dalam hal membaca, mendengarkan cerita, dan membuat sebuah karya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mereka sangat antusias dalam mengikuti setiap tugas yang diberikan oleh pelaksana. Diberikan juga berbagai doorprice kepada anak-anak yang bisa menceritakan buku yang sudah mereka baca, dan menjawab pertanyaan dari pembawa cerita.

Kemudian mereka dibagi jadi beberapa kelompok untuk membuat hasil karya. Karya terbaik diberikan hadiah dari pelaksana.

Ketua PKK Pokja 2 bidang pendidikan Ibu Eti menuturkan bahwa sangat senang melihat antusias anak-anak dan berharap bisa memberikan semangat kepada mereka dalam literasi.

“Saya berharap kegiatan ini meningkatkan minat baca dan semangat ber-literasi” ujarnya.

Terpisah Gina sebagai pelaksana dari Karang Taruna berharap TBM ini bisa tercapai tujuan sesuai nama yang diusung “Arunika” yang berarti “Cahaya matahari terbit” bisa menjadi inovasi anak-anak untuk lebih berkembang dan kreatif.

“Selain itu, mengerti apa itu literasi, mengerti seperti cahaya matahari terbit memberi semangat serta harapan baru untuk orang tua, lingkungan maupun negerinya” tuturnya yang diamini Galih sebagai Kabid dan pengurus lainnya.

Rencana selanjutnya TBM ini akan dilaksanakan dua kali dalam satu bulan sekali.

Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus membangkitkan literasi khususnya masyarakat Desa Maleber umumnya masyarakat Kuningan. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Selama ini banyak dilaporkan hilangnya hewan ternak milik warga Desa Ragawacana Kecamatan Kramatmulya. Ternyata pelakunya adalah ular sanca. Pada Sabtu (10/4/2021) malam...

Religious

Mushola Al- Hidayah Diresmikan, Habiskan Anggaran Rp300 Juta, 90 Persen Dananya Ditanggung Satu Orang KUNINGAN (MASS) – Sabtu ( 10/2021) malam atau malam minggu,...

Anything

KUNINGAN (MASS) – DPC Pospera Kuningan menggelar deklarasi dan pengukuhan pengurus DPC dan PAC se Kabupaten Kuningan pada Sabtu (10/04). Mengingat masih dimasa pandemi...

Business

KUNINGAN (MASS) – Setelah sebelumnya Kedai Nangkring menggunakan gerobak jualan di pinggir jalan, tepatnya di Kramatmulya. Kini, Kedai Nangkring hadir dengan konsep tempat yang...

Advertisement