Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Cerita Abah Juju, Tukang Loakan Sepatu yang Sudah Umur 70 Tahun, Ngaku Bosan Kalau Tidak Jualan

KUNINGAN (MASS) – Lelaki yang satu ini bernama Juju Junaedi. Lahir tahun 1949, nampaknya tak menurunkan semangatnya untuk tetap usaha loakan (jual-beli) sepatu bekas di jalanan.

Juju Junaedi sendiri merupakan warga asal Lingkungan Eyang Weri Awirarangan, Kuningan. Dirinya, melakukan jual beli dengan keliling menyusuri jalan di sekitar jalanan kota Kuningan.

Lelaki yang sudah berumur lebih dari 70 tahunan itu, selain berkeliling di bawah sinar matahari, juga sering ngampar ngelapak tak jauh dari kantor bupati, dekat SMP.

Saat dijumpai, dirinya terlihat tengah berisitirahat di Taman Dahlia, mungkin berhenti dari perjalanan untuk pulang.

“Ti kapungkur icalana a, Bapak abdi kapungkur loakan,” ujarnya bercerita usahanya yang melanjutkan sang ayah, Selasa (15/6/2021) siang.

Juju Junaedi bercerita, selain dulu sempat ikut sang ayah berjualan, pernah juga bekerja di berbagai bidang, mulai dari bangunan, sampai kenek.

Dirinya mengaku, selain tentu usahanya ini juga untuk menambah penghasilan, lelaki yang sudah bercucu itu mengaku kalau di rumah saja dan tidak ada kegiatan, merasa ‘kurung batokeun’.

“Alhamdulillah nu meser aya nu ngical aya.
Pami kelilingmah di Kuningan kota bae,” imbuhnya.

Biasanya, Juju Junaedi mulai berkeliling sejak pagi hingga siang. Paling lama sampai asar.

Sang anak dan cucu yang tempat tinggalnya masih berdekatan, tidak bisa melarang. Hanya saja, kalau telat pulang, Juju mengaku suka ditegur.

Maklum saja, sang anak mungkin khawatir kalau orang tuanya telat pulang.

“Di bumi sareng istri, di rompok bae teh asa kurung batokeun. Ari jumat ge (libur keliling), sok asa lami ngantosan,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kuninganmass.com sendiri memilah-mulah sepatu bekas yang dijualnya. Beberapa kondisinya masih sangat bagus, beberapa masih bisa dipakai dengan sedikit sentuhan.

Meski tak terlalu banyak pilihan jenis sepatu, hanya seadanya saja, tapi harga yang diberikan memang sangat terjangkau.

Selain karena perjuangannya, juga ada sepatu yang pas, salah satu dari jurnalis kuninganmass.com pun membeli salah satunya.

Setelah memilih ukuran dan jenis yang cocok, ternyata cukup dengan dibayar Rp 75 ribu saja.

Juju Junaedi mengaku, selain menjual, dirinya juga menerima jika ada yang ingin menjual padanya.

Beberapa juga berbaik hati dengan memberikan tambahan uang, meski tidak mengambil barang. (Eki)

1 Comment

1 Comment

  1. Inisial B

    17 Juni 2021 at 6:58 am

    Sehat-sehat selalu Abah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)-  Kasus positif covid-19 di Kabupaten Kuningan masih terus naik. Untuk update   Kamis (29/7/2021) kenaikan kasus positif mencapai 51 orang. Sedangkan pasien sembuhnya...

Village

KUNINGAN (MASS) -Sebagai salah satu upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNN Kabupaten Kuningan melaksanakan rapat kordinasi program ketahanan keluarga...

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Kamis, 19 Dzulhijjah 1442 H / 29 Juli 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚المسلم الحق؛ لا ييأس ولا يقنط، وهو...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bunda Forum Anak Darah Kabupaten Kuningan, Hj Ika  Siti Rahmatika SE pada Puncak Hari Anak Nasional ikut berkomentar. Istri bupati itu...

Advertisement