Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Cengo Bareng, Identitas Sosial : Terbangun Atau Dibangun ?

KUNINGAN (MASS) – Barudak Kuningan Sadar Maca (Bukusam) menggelar Cengo Bareng (Cerita dan Ngobrol Bareng) bersama Paguyuban Mojang Jajaka.

Cengo Bareng sendiri, digelar pada Senin (8/11/2021) malam di Taman Baca Masyarakat (TBM) Gandok Mahardika, Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung.

Pada Cengo Bareng kali ini, hadir sebagai pemantik, dua pinilih baik Mojang maupun Jajaka Kuningan 2020. Jajaka Ujang Taofiqurrahman dan Jajaka Yudit Nurul P. Hadir juga menemani jajaka lainnya Fahri.

Pada Cengo Bareng tersebut, diusung tema perihal ‘Identitas Sosial : Terbangun atau Dibangun ?’. Baik Ujang maupun Yudit memberikan pandangannya masing-masing di depan peserta, juga disiarkan secara live.

Dalam Cengo Bareng yang diusung dengan konsep diskusi itu, dijelaskan bagaimana identitas sosial itu, merupakan sesuatu yang terbangun dari banyak hal.

Unsur-unsur seperti lingkungan, dan pendidikan merupakan hal yang membangun sebuah identitas sosial.

Meski begitu, identitas sosial juga hal yang merupakan dibangun atas keinginan personal untuk bersikap secara sosial. Diskusi terbuka yang santai itu pun mengalir dengan interaktif.

Sebagai Mojang dan Jajaka, ada pilar-pilar yang harus selalu dijaga Ujang, Yudit dan paguyuban sebagai spotlite anak muda, terutama di bidang pariwisata dan kepemudaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jika pageant pada umumnya mengutamakan 3B, Brand, Beauty, dan Behaviour, maka pilar Moka ini lebih dari itu. Ada 4 pilar.

“Pengkuh agamana, luhung elmuna, jembar budayana, rancage gawena,” ujar Ujang diamini Yudit.

Keempat pilar tersebut, Pengkuh Agamana merupakan representasi yang taat agama. Luhung elmuna, artinya berpengetahuan tinggi.

Sedangka Jembar budayana, adalah orang yang luas berbudaya. Lalu rancage gawena, adalah giat dalam kinerjanya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

DARMA (MASS) – Ribuan warga Desa Sakerta Barat Kecamatan Darma nampak mengikuti arak-arakan pawai obor sebagai bentuk suka cita dan antusiasnya memasuki 1 Muharram,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Menyongsong tahun ajaran baru 2022/2023, MTs Fatahilah Pangkalan menggelar rapat kerja untuk menyusun program kedepan. Raker, digelar di Hotel Grage Sangkan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Nama Asmaul Husna SH, muncul sebagai salah satu yang lolos seleksi administrasi / verifikasi berkas calon direktur Perumda AU (lebih populer...

Government

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 6 warga asal Kabupaten Kuningan, mantan jamaah Khilafatul Muslimin, mendeklarasikan diri dan berjanji ikrar setia pada NKRI, Senin (4/7/2022) di...

Advertisement