Warga Kuningan Rayakan Imlek, Ini Harapan di Tahun Tikus Logam

KUNINGAN (MASS)- Meski kurang dari 100 orang, warga Tionghoa yang ada di Kuningan merayakan tahun baru Imlek 2571 (2020) di Klenteng Kun An Tong Kuningan Jalan Siliwangi No 44 Kecamatan Kuningan. Di tempat ini dilakukan kegiatan Sembahyang pada Sabtu tepat jam 00.00 WIB.

Pada saat sembahyang  warga Tionghoa terutama yang bergama Konghucu maupun Budha sangat khidmat . Menurut Zodiak China, tahun sekarang adalah tahun tikus logam.  Semua warga berkumpul dari berbagai lokasi dan cuaca pun tidak hujan.

Pada saat waktu yang sudah ditentukan yakni  pukul 00.00 proses sembayang dimulai. Para jemaah dengan khusus mengukuti doa-doa yang dilantunkan oleh sang pemimpin. Inti dari doa yang diminta adalah agar pada tahun ini diberi keberkahan  dalam sagala hal.

Sementara  itu prosesi sembayang sendiri hanya berlangsung sekitar 25 menit. Setalah acara pokok maka ilanjutkan dengan faiciyu atau bersulang dengan anggur. Setelah air anggur itu diminum mereka saling mengucapkan selamat  satu sama lain dan ini sudah menjadi runtin.

“Acara yang pokok mah sebentar. Di kleteng mah ramai hingga shubuh karena memang ini acara ‘lebarannya’,” ujar  Ketua Yayasan Tri Dharma Klenteng Kun An Tong Toto Heryanto (Poey Lok Tek).

Ia berharap tahun tikus logam yang wataknya keras ini memberikan  segala kebaikan bagi seluruh umat manusia, karena itu penting agar selalu damai. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com