Kiriman Uang Dari TKI Melonjak

KUNINGAN (Mass)- Menjelang lebaran kiriman uang dari TKI yang masuk ke ke Kabupaten Kuningan terus meningkat. Dari data Kantor Pos Kuningan kiriman uang yang masuk melalui Western Union (WU) selama bulan Juni naik tajam.

Kepala Kantor Pos  Muhamad Yasin didampingi Manajer Pelayanan Edi Hendrawann menerangkan, kiriman dana yang masuk pada bulan Juni mencapai Rp4 miliar. Padahal, pada bulan Mei hanya Rp2,86 miliar.

“Kiriman yang masuk kebanyakan dalam minggu-minggu ini. Total transaksi dari dana tersebut mencapai 1.947,” sebut Edi kepada kuninganmass.com, Jumat (22/6/2017).

Pada awal puasa atau pada akhir Mie uang dari TKI yang masuk cukup besar juga yakni Rp2,86 miliar dari total transaksi 736. Untuk bulan Juni angkanya bisa berubah karena layanan kantor pos masih buka hingga hari Sabatu.

Edi menyebutkan, kiriman uang yang paling besar dari para TKI yang bekerja di timur tengah. Meski, di negara eropa dan asia pun ada yang mengirim. Namun jumlahnya tidak sebanyak dari timur tengah.

Dikatakan, jumlah transaksi  sebanyak itu dilakukan di 16 kantor cabang kantor pos yang tersebar di 32 kecamatan. Sebab, dengan sistem online warga bisa mencairkan dimana saja dan cepat dan aman.

“Kalau di Kuningan itu jumlah TKI menyebar dan ada ditiap kecamatan. Nanti menjelang masuk sekolah pada bulan Juli akan ada peningkatan lagi kirim,” ucap Edi lagi.

Bukan hanya westren union tapi wesel instan, atau kiriman uang antar wilyah di Indonesia juga melonjak. Untuk Bulan Juni kiriman uang mencapai Rp4,9 miliar. Berbeda jauh dibanding pada bulan yang hanya Rp4,6 miliar.

Dari pantuan kuninganmass.com, selain kiriman uang, sebelum lebaran ini kiriman paket dari luar kota ke Kuningan juga menumpuk. Kiriman paket tersebut mulai dari makanan, baju hingga surat.

Sekedar informasi Kantor Pos yang memiliki jaringan luas bisa melayani kiriman apa saja, sehingga warga bisa secara leluasa mengirimkan paket. Bukan hanya mudah tapi juga harga terjangkau. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com