Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

477 Anak Ikuti Pesantren Kilat di Winduhaji

KUNINGAN (MASS) – Ratusan anak Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan sambut Ramadhan dengan mengikuti Pesantren Kilat yang digelar oleh Ikatan Remaja Masjid Al-Muawanah (IRM). Acara pembukaan dilaksanakan Sabtu (2/4/2022).

Al-Habib Novel Al-Athos Pengasuh Majelis Al Wasilah sekaligus Tokoh Agama di Winduhaji menuturkan, kegiatan Pesantren kilat ini sangat baik karena akan menjadi modal awal bagi anak kedepannya untuk menjadi baik. Ia menegaskan, jika anak-anak ingin sukses dengan kebaikan maka orang tuanya sejak kecil harus menerapkan atau mengajarkan mana yang benar dan baik.

“Ramadhan itu bulan istimewa, jangan samakan dengan bulan lainnya. Di Bulan Ramdhan yang Penuh berkah dan ampunan ini ajarkan anak kita berpuasa, biar nanti dimasa balig anak sudah mudah terbiasa. Ajarkan untuk mengikuti majelis taklim. Silahkan anak untuk mendapatkan gelar pendidikan, tapi pendidikan agama itu jauh lebih penting, tepatnya diwaktu masa kecil,” tuturnya.

Keutamaannya beribadah di Bulan Ramadhan, diterangkan Al-Habib Novel Al-Athos, kalau menjalankan sunah pahalanya diganti dengan wajib. Yang wajib diganti 70 kali lipat.

“Kalau kita ingin maksimal dalam menjalankan ibadah ramadhan, kita harus merasa bahwa mungkin ini ibadah yang terakhir dan teruslah memohon kepada Allah swt agar bisa maksimal dalam menjalankannya,” ajak habib.

Sementara itu, Ketua IRM Ustad Nurzaman didampingi Ajis Sukmawan mengatakan, jumlah peserta sebanyak 477 anak terdiri tingkat TK dan SD dan tingkat SMP. Untuk waktu pembelajaran mulai pukul 13.00 WIB dan remaja sore harinya. Adapun materi yang akan disampaikan, yaitu Tauhid, Akhlak, Sejarah Islam, Tajwid, Fiqih, dan Ilmu pengetahuan lain.

Melalui kegiatan pesantren kilat, Ustad Nurzaman berharap anak-anak akan mendapatkan ilmu keagamaan yang lebih mendalam, mempererat silaturahmi dengan teman, menanamkan kemandirian, dan belajar fasih membaca al-qur’an dan mendapatkan pengetahuan.

“Untuk anggaran kegiatan ini yang terkumpul dari masyarakat, donatur dan peserta sementara ini sekitar 17 juta. Pesantren kilat seperti ini sudah berlangsung sejak 2004. Alhamdulillah yang saat ini panitia merupakan peserta sebelumnya,” kata Nurzaman.

Untuk agenda kegiatan, mulai pembukaan 2 April, Study Islam Intensif pada 3-19 April, kemudian 15 April kunjungan tamu dari Himpunan Mahasiswa Manajemen. Berikutnya, buka bersama 17 April, dan akan dilaksanakan evaluasi/ulangan pada 22-23 April. Pada 24-25 April bakal digelar perlombaan dan pada 26 April penutupan, yang kemudian pada malam Idul Fitri akan digelar Pawai Obor.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hadir dalam pembukaan, Lurah Winduhaji, Ketua LPM, Al-Habib Novel Al-Athos, Ketua DKM Al-Muawanah, Ketua IRM Al-Muawanah, Ketua Ranting Pagar Nusa Winduhaji, Remaja Masjid dan lainnya. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Advertisement