Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Uu: Santri Hari Ini Harus Paripurna

KUNINGAN (MASS) – Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum SE menyebut saat ini santri sudah harus paripurna. Hal itu disampaikan Kang Uu, sapaan akrabnya, saat mengisi acara di Pondok Pesantren Desa Maniskidul Jalaksana Kuningan.

Menurutnya, saat ini pembelajaran islam, terutama melalui pesantren sudah harus meningkat, dari yang hanya berbangsa dan berkultur saja, ke arah bernegara.

“Di zaman sekarang ini, setidaknya santri harus memiliki 4 hal. Dan yang paling pertama, kuasai digital,” ujarnya Jumat (31/1/2020) siang.

Menurutnya, kunci kemajuan saat ini, menempatkan digital pada posisi yang strategis agar tidak termarjinalkan.

“Komunikasi juga sangat penting, karena tanpa komunikasi, tidak ada ide yang tersampaikan,” tambahnya.

Selanjutnya, dirinya juga menekankan santri harus bisa bekerja sama, membagi porsi. Karena di zaman global ini, tidak ada yang sukses sendirian. Semuanya bisa sukses dengan bekerja sama.

“Dan sebagai santri, yang lebih penting lagi adalah tetap kuat iman dan taqwanya, yang tercermin dalam akhlak dan sikap,” imbuhnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dari penuturan mantan Bupati Tasikmalaya tersebut, sampai saat ini masih banyak pesantren terutama di daerah yang belum melek zaman. Dengan begitu program Jabar Juara lahir batin pun belum bisa menyentuh sejauh itu.

“Ada banyak, OPOP (One Pesantren One Product, red) English for Ulama, satu desa satu hafidz, maghrib mengaji, banyak sekali program jabar yang diturunkan, tetapi kan belum semuanya cocok,” terangnya.

Kedepannya, jika pesantren tidak membuka diri menurut Uu malah akan termarginalkan dengan sendirinya. Hal itu berdasarkan kemajuan zaman saat ini yang sangat memungkinkan santri dan orang tua memilih sesuai kebutuhan dan kepercayaan.

“Makanya kita (pemprov, red) akan terus mendukung pesantren. Saya juga berharap pesantren yang sudah maju, bisa membagikan ilmunya pada pesantren lain. Saya yakin tidak ada persaingan, karena ini kan pesantren bukan bisnis,” ujarnya. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Satu kalimat yang dilontarkan oleh Presiden Soekarno yang akan terus menerus diingat oleh kita, “Berikan aku 10 Pemuda maka aku akan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pihak Ponpes Husnul Khotimah saat ini masih sibuk melakukan penanganan pandemi yang menimpa santrinya. Data terbaru, sebanyak 135 orang dinyatakan sembuh...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kalimat meminta Nuzul Rachdy turun dari jabatannya sebagai ketua DPRD Kabupaten Kuningan, menggema di depan gedung dewan. Kalimat itu, diserukan salah...

Education

KUNINGAN (MASS) – HMI Cabang Kuningan menyayangkan pernyataan ketua DPRD Kabupaten Kuningan soal diksi limbah. HMI melalui Kabid Pemberdayaan Ummatnya, Fery Rizkiana Tri Putra...

Advertisement