214 Lulusan STIKKU Diwisuda

KUNINGAN (MASS) – Rasa haru dan bahagia mewarnai prosesi Wisuda IX program sarjana dan diploma STIKes Kuningan yang dilaksanakan pada Kamis (12/10/2017) bertempat di Hotel Prima Resort Sangkanhurip.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada ST dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama. Hadir pula Ketua Baznas Kuningan H Uba Subari, Ketua dan Pengurus Organisasi Profesi tingkat Daerah Jawa Barat sampai dengan tingkat pengurus cabang Kabupaten Kuningan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pun hadir. Begitu juga Perwakilan dari Instansi mitra STIKes Kuningan yaitu Dinas Kesehatan Kab. Kuningan, Dinas Pendidikan Kab. Kuningan, Dinas Kependudukan dan KB Kab. Kuningan, Direktur RS dan se wilayah Ciayumajakuning, para pengurus Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan beserta jajaran pengurus pembina dan pengawas.

Acara prosesi dipimpin oleh ketua STIKKU Abdal Rohim, S.Kp.,MH yang melantik sebanyak 214 wisudawan dari 3 program studi Kesehatan Masyarakat (23 orang), Keperawatan (134 orang), Kebidanan (57 orang) sekaligus memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik masing-masing program studi dan wisudawan terbaik institusi yang diraih oleh Kurnianingsih, S.Kep dari Program studi Keperawatan (S1) dengan IPK 3,96.

Selain itu diberikan penghargaan pula pada wisudawan dengan penelitian terbaik masing-masing program studi. Dalam Laporan Akademik STIKKU yang disampaikan langsung oleh Ketua STIKKU Abdal Rohim, S.Kp,MH menyampaikan bahwa STIKKU memiliki komitmen menghasilkan lulusan yang bermutu, inovatif dan berdaya saing, dengan proses jaminan mutu STIKKU yang tersertifikasi ISO 9001:2015, semua program studi yang terkareditas B oleh BAN-PT dan LAM-PT Kes serta Akreditasi Institusi yang optimis meraih B.

Selain itu STIKKU yang didukung oleh kualitas Dosen yang baik, terbukti dengan berbagai hibah yang diterima oleh dosen dari berbagai instansi dan lembaga seperti Hibah Riset Dosen dari kemenristekdikti sebanyak 6 orang dengan total 120 juta, dari kementrian kesehatan dan Asosiasi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dengan masing-masing 15 juta.

Tidak selesai pada penelitian, dosen STIKKU mempresentasikan hasil penelitiannya di luar negeri Thailand, malaysia dan korea selatan dengan mendapat beasiswa untuk mengikuti kegiatn konferensi ilmiah tersebut. Tidak hanya dosen mahasiswa memiliki prestasi dalam berbagai bidang seperti bidang olah raga futsal mahasiswa STIKKU pada tahun 2016 meraih juara 2 futsal di AKPER CUP Indramayu, juara 1 futsal di STIKes YPIB Majelengka.

Pada tahun 2017 mendapat prestasi juara 1 futsal di STMY CUP di Majalengka, juara 2 Volly Ball di Majalengka, Juara 2 Volly Ball Se Jawa Barat di Bogor dan Juara 3 Futsal antar mahasiswa kesehatan se pulau jawa di Cirebon. Bahkan pada tahun 2017 ini, STIKKU termasuk 3 perguruan tinggi di wilayah kopertis IV Jawa Barat banten dari sekitar 700an perrguruan tinggi yang  dipercaya kemenristekdikti untuk melakuakn Pertukaran Pelajar Nusantara (PERMATA) pada tahun 2017 ini  dengan STIKES Al-Insyira Pekanbaru Provinsi Riau.

Pada kesempatan ini pula, Koordinator kopertis Prof. Dr. Uman Suherman, AS,M.Pd menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada wisudawan yang telah dilantik. Semoga menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas diri, keluarga dan masyakarat. Selain itu Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan Prof. Dr. Hj Dewi Laelatul Badriah, M.Kes.,AIFO menyampaikan rasa syukur atas pencapaian STIKKU sampai pada tahun ke 10 dan telah mewisuda 9 kali.

“Secara prinsip yayasan akan terus mendorong upaya peningkatan mutu tri darma perguruan tinggi dan melakukan berbagai pengembangan seperti pembukaan kampus II, penambahan program studi dan pembanganan sarana olah raga di STIKKU yang kesemua itu untuk meningkatan kualitas lulusan di STIKKU,” ucapnya.

Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, dalam sambutannya yang mewakilai Bupati Kuningan H Acep purnama, SH,MH menyampaikan bahwa STIKKU menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan maka diharapkan STIKKU terus meningkatkan inovasi dan menjalankan fungsi Tridarma dengan baik.

“Lulusan Stikku diharapkan dapat mendongkrak IPM di Kabupaten Kuningan dan menjadi sumber SDM Kesehatan yang berkulitas di kuningan yang dapat dimangfaatkan untuk peningkatan layanan kesehatan masyarakat di Kuningan,” harapnya.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari mahasiswa seperti paduan suara mahasiswa, angklung dan tari jaipong yang kesemuanya dapat menghibur audiens. (deden/adv)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com