Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Tingkatkan Kapasitas SDM Melalui In House Training

KUNINGAN (MASS) – Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) KPU Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan In House Training (IHT) di kantur KPU setempat.

Rencanya kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, tanggal 7-8 Oktober 2019. Pesertanya adalah seluruh tenaga SDM di Satker KPU Kuningan sebanyak 25 orang.

Kegiatan IHT dibuka pada Rabu pagi (7/10/2020) oleh Ketua KPU Kuningan, Asep Z Fauzi, didampingi Kadiv Teknis Maman Sulaeman, Kadiv SDM Sosdiklih Parmas Dudung Abdu Salam, Kadiv Data dan Informasi Asep Budi Hartono.

Hadir juga Kadiv Hukum Lestari Widyastuti, dan Sekretaris KPU Asep Pepen Ruspendi.

Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi, dalam sambutannya menjelaskan seluruh jajaran komisioner dan sekretariat harus memiliki bekal pengetahuan yang memadai tentang manajemen pemilihan.

Hal ini dinilai penting dalam rangka menghadapi berbagai tantangan demokrasi electoral yang semakin kompleks.

Terlebih secara kuantitas jumlah SDM KPU tidak varalel dengan beban kerja yang disandangnya.

Diterangkan, ada banyak hal yang harus dikuasai oleh penyelenggara pemilihan. Namun dari sekian banyak itu paling tidak ada lima hal yang harus dikuasasi, hukumnya fardlu ‘ain.

Mulai dari prosedur rekrutmen badan adhoc, pemutakhiran daftar pemilih, pengelolaan logistik, pemungutan dan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

“Kalau kelima hal itu tidak dikuassai, pasti akan lemah, repot dan kedodoran,” tandas Asfa sapaan akrabnya.

Ke depan sambung Asfa, KPU Kuningan akan menghadapi tantangan yang cukup besar. Tidak hanya karena semakin berkembangnya era digital, tetapi juga karena semakin meningkatnya pengetahuan publik tentang demokrasi.

Jika tidak mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, maka keberadaan penyelenggara pemilihan dengan sendirinya akan tergerus oleh jaman.

Harus didesain secara sistemik, agar semua yang mendapat mandat sebagai penyelenggara betul-betul mengalami peningkatan kapasitas, baik aspek kognitif, apektif maupun psikomotorik.

“Karena itu, IHT ini penting untuk digelar dan diikuti secara serius agar berimplikasi terhadap disiplin, budaya dan lingkungan kerja yang baik,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Semantara anggota KPU Kuningan Divisi SDM Sosdiklih Parma, Dudung Abdu Salam menuturkan IHT digelar dengan tujuan meningkatkan mendongkrak kualitas SDM.

Hal ini sangat bermanfaat dalam upaya membantu SDM KPU untuk mencapai titik maksimum dari potensi yang ada. Sehingga nantinya dapat mendorong tercapainya target yang sudah ditentukan.

“Insya Allah kegiatan ini (IHT) akan kita ikuti selama dua hari,” ujarnya.

Hari pertama berlangsung di dalam kantor dengan narasumber jajaran Komisioner dan Sekretaris KPU yang tampil secara bergilir.

Sedangkan hari kedua akan digelar di luar kantor agar ada variasi berupa game dan suasana rekreatif.

“Insya Allah akan dipandu oleh anggota KPU Jawa Barat, Kang Endun Abdul Haq,” kata Dudung.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement