Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Tiga Bulan Jadi Kadis, Wahyu Raih 2 Penghargaan

KUNINGAN (MASS)-  Tidak salah Bupati Kuningan Acep Purnama mengangkat Dr Wahyu Hidayah MSi menjadi Kadiskominfo Kuningan. Pasalnya, dalam tempo tiga bulan ayah dua anak ini meraih dua penghargaan.

Pertama memperoleh penghargaan di acara Pelatihan Government Chief Information Officer (G-CIO) tanggal 3 Februari.

Dipelatihan yang  diselenggarakan oleh Diskominfo Provinsi Jawa Barat itu, Wahyu terpilih sebagai peserta terbaik.

Hal yang sama juga ia raih pada pelatihan IT Risk Management yang berlangsung selama 3 hari (23-25) Februari 2021 di Bandung.

Wahyu Hidayah meraih prestasi menjadi Peserta Terbaik Pelatihan IT Risk Management, bersama 3 peserta lainnya yaitu Kadis Kominfosantik Kabupaten Cianjur, Kadis Kominfo Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Kadis Kominfo Provinsi Jawa Barat atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti pelatihan IT Risk Management,” jelasnya.

Dan juga yang terpenting persetujuan pimpinan baik Bupati Acep, Wakil Bupati Ridho dan Sekda Dian yang telah memberikan ia  ijin untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Dikatakan, “Peran teknologi informasi (TI) bagi semua sudah sedemikian penting baik untuk kebutuhan pribadi, bisnis maupun pemerintahan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oleh karena itu, insiden atau peristiwa penting dalam industri ini tentunya akan mempengaruhi aset termasuk kehilangan penerimaan dan berakibat buruk bagi nama baik lembaga.

Agar tercapai tata kelola teknologi (Technology Governance) dan program kepastian (Assurance Program), maka perlu dirancang melalui kerangka manajemen resiko (IT risk management) untuk memastikan manajemen pengendalian dan resiko dapat berjalan lebih efektif”.

Diterangkan, Dinas Kominfo Jabar sangat konsen dengan pembangunan TIK di Jawa Barat baik dari sisi pembangunan infrastruktur, aplikasi maupun peningkatan SDM. 

“Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat teknis tersebut.  Kesempatan dan amanah yang diberikan pimpinan, akan saya pergunakan sebaik-baiknya untuk berkiprah dan   mencurahkan kinerja yang maksimal”,  ujar Wahyu.

Sekadar informasi Peserta pelatihan sebanyak 30 orang berasal dari kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Selama 3 (hari, peserta digembleng dengan materi Tata Kelola TIK, Sistem Manajemen Keamanan TIK, IT Risk Management dan Standar ISO 31000 tentang Enterprise Risk Management.

Pelatihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  Sebelum pelatihan, peserta menjalani Antigen Rapid Test SARS-Cov-2.

Kemudian,  wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.  Setiap 2 jam sekali, pada saat peserta istirahat, ruang pelatihan dilakukan sterilisasi dan penyemprotan desinfektan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diklat IT Risk Management merupakan Diklat Teknis Umum yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai dalam bidang identifikasi risiko dan pengendalian pada lingkungan sistem berbasis TIK. 

Pelatihan ini memberikan keterampilan yang dibutuhkan bagi manajer yang menangani manajemen risiko IT agar dapat proaktif dalam merancang kontijensi dan memiliki keyakinan dalam mengelola kejadian yang tidak terduga. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) –  Naik dan naik terus naik kasus positif di Kabupaten Kuningan. Kondisi tidak bisa dihindari selama warga masih abai terhadap protokola kesehatan....

Business

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian yang mungkin butuh kertas atau berbagai jenis ATK, baik untuk keperluan komersil atau keperluan pribadi, tempat yang satu ini...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dua rumah warga yang berada di kampung Cijambu Dusun Puhun Desa/Kecamatan Subang dilaporkan ‘bengkah’ atau tanah bergerak (tanah terbelah) Hal tersebut,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – PLN ULP Kuningan pada Kamis (15/4/2021) berencana melakukan pemadam listrik dibeberapa titik. Pemadamann dilakukan karena PLN akan melaksanakan pemeliharaan jaringan dan...

Advertisement