Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Tidak Lapor Damkar, Pemilik Rumah Alami Kerugian Rp210 Juta

KUNINGAN (MASS) – Entah karena panik atau memang lupa bahwa di Kuningan ada Kantor Damkar, kejadian kebakaran di RT 10/05 Dusun Kliwon Desa Gunung Sirah Kecamatan Darma  tidak dilaporkan oleh warga atau perangkat desa ke pihak UPTD Damkar Kuningan.

Padahal disetiap kesempatan pihak Damkar selalu mensosialisasikan nomor (0232) 871113 yang wajib dihubungi ketika terjadi kebakaran. Karena tidak ada laporan maka rumah Soleh (36)  dan Ipah (30) yang terbakar pada Selasa (18/6/2019)  jam 09.20 WIB ludes terbakar.

Akibat kejadian itu korban harus menelan kerugian sebesar Rp210 juta. Adapun ynng terbakar adalah bangunan -+ 80 m2 x 2.000.00/m2 = Rp160 juta, perabotan rumah tangga  yang terdiri dari kursi, lemari, pakaian, dll sebesar Rp5 juta.

Menurut Plt UPT Damkar Kuningan, kebakaran yang terjadi pada  +- 09.20 WIB itu bermula dari pemilik rumah pada  jam 08.00 WIB  memasak untuk keperluan konsumsi/dan aktifitas berjualan sehari-hari di rumah dengan menggunakan tungku. Kemudian pemilik rumah beserta anggota keluarga lainnya meninggalkan rumah pada +- pkl 08.30 WIB.

Mereka berangkat ke sawah /ladang seperti aktifitas keseharian dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Sekitar Pukul 09.30 WIB api pertama kali di lihat oleh Ahmad (56 ) selaku tetangga korban, yang langsung melihat api sudah membesar dari arah dapur.

Dibantu warga sekitar Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, sedangkan pemilik rumah tidak mengetahui rumahnya terbakar karena  sedang bekerja berjualan .

Damkar sendiri baru mengetahui pada pada pukul 10.45 WIB setelah ada laporan dari wartawan. Tanpa menunggu lama  UPT Pemadam Kebakaran mengerahkan 5 orang anggota dan 1 Randis Damkar ke TKP.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tiba di TKP +- Pkl 11.10 wib (+- 20 menit). Penyebab kebakaran diduga dari tungku, bekas memasak dan lupa dimatikan. Dibantu Warga Sekitar, Anggota Satpol PP Kec.Darma, Aparat Desa, Anggota Polsek Darma dan Anggota TNI DARI Koramil Kecmatan Darma, api baru bisa dipadamkan pada pukul 12.05 (+- 1 jam) .

“Sangat disayangkan saat kebakaran terjadi, warga / aparat Desa tidak langsung menghubungi kantor UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kuningan (0232) 871113. Padahal kami sudah melakukan sosialisasi tentang pelayanan dan nomor Darurat Pemadam Kebakaran sekaligus memasang stiker dilayanan darurat di Kantor Pemerintahan Desa Gunung Sirah  dan ini sudah dilakukan sejak 6 bulan yang lalu,” ujar Khadafi. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – KKN Uniku yang digelar oleh tiap kelompok di berbagai desa ditunjukan untuk mengangkat potensi yang ada di desa tersebut. Hal ini...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Organisasi Santri Pengajian Al-Hidayah (OSPA) Desa Cikupa Kecamatan  Darma mengadakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 1441 H. Kegiatan ini diadakan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Laka lantas yang menyebabkan korban meninggal dunia terjadi di Jalan Desa Parung Kecamatan Darma  tepatnya Blok Lamping pada Jumat (13/3/2020) sekitar...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Meski Pilkades sudah usai namun warga Desa Bakom Kecamatan Darma khususnya Dusun Cibolerang dan Pasir Jati masih belum puas. Ketidakpuasaan mereka adalah...

Advertisement