Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Tembok Lahan Kuburan Longsor, Materialnya Tutupi Jalan Kuningan – Cikijing

KUNINGAN (MASS) – Tembok penahan tanah (TPT) di lahan kuburan tepatnya TPU (Tempat Pemakaman Umum) yang berada di gerbang Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang, longsor sore ini, Minggu (22/1/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Tembok setinggi 8 meter itu, material longsorannya bahkan menutupi separuh badan Jalan Nasional yang menghubungkan Kuningan – Cikijing.

Sekertaris Desa Haurkuning Jumhana menyebut, kejadian ini baru pertama kali terjadi. Tebing pemakaman umum sendiri, sebenarnya sudah ditembok.

“Hujan lebar, (airnya) masuk ke kuburan, jadi tidak tahan,” ujarnya memberi keterangan disela pembersihan sekitar pukul 20.00 WIB malam.

Masih di lokasi yang sama, nampak aparat dari Polsek Kadugede dan perangkat kecamatan serta desa setempat juga melakukan pembersihan dengan dibantu penuh oleh UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Kepala Damkar M Khadafi Mudti menyebut, pembersihan material tanah didorong agar tidak kembali ke jalan, takutnya licin saat dilalui.

Khadafi juga mengatakan kekhawatirannya soal kuburan yang ada. Karenanya, pihaknya akan berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak terkait.

“Kita akan diskusikan dengan Polsek dan Kecamatan,” ujar Khadafi.

Bukan tanpa alasan, jika terus dibersihkan dan “mengurug” tebing, khawatir ada kuburan yang terdampak. Namun, jika tidak segera dibereskan, khawatir masih ada longsor susulan. Meski sempat ditutup, arus lalu lintas saat ini sudah mulai bisa dilalui.

“Arus lalu lintas sudah dibuka untuk jalur Haurkuning,” sebut Kepala Damkar mengumkan ke grup koordinasi. (eki/ryan)

Video:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Seorang warga Desa Kertawirama Kcamatan Nusaherang, meninggal dunia sore ini, Minggu (22/1/2023) pasca tertimpa longsor. Longsor sendiri, terjadi di Blok Gardu...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pasca diterjang hujan selama berjam-jam, sebuah tebing di sekitar rumah warga tepatnya di Dusun Cikaso RT 11 RW 03 Desa Patala...

Incident

KUNINGAN (MASS) – TPT (Tembok Penahan Tanah) Rumah Endi (59) warga Desa Jagara Kecamatan Darma ambruk tadi malam, Sabtu (21/1/2023) pasca diguyur hujan yang...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Selain ke-10 desa yang sebelumnya diberitakan longsor, ternyta ada 7 titik lainnya yang menyusul terdata mengalami longsor/pergerakan tanah. Hal itu disampaikan...

Advertisement