Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Culinary

Suka Duka Selama 25 Tahun Toko Hasan Menjual Oleh-Oleh Khas Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Satu lagi tempat oleh-oleh khas Kuningan yang bisa jadi referensi.Namanya Toko Hasan yang ada di Jalan Raya Cilimus No 62, persis depan kantor Telkom Cilimus.

Toko oleh-oleh khas seperti tape ketan, berbagai sirup jeruk nipis, olahan ubi ungu, gemblong, dan berbagai macam keripik lain nya ini tersedia untuk grosir maupun eceran.

Pengelola toko Asep Imam Fathurahman menyebut tokonya sudah beroperasi kurang lebih 25 tahun lamanya.

Awalnya, menurut Asep toko adalah kelontongan yanh menjual berbagai macam bahan sembako.

“Seiring berjalan nya waktu, sekira awal tahun 2000an, kami mencoba hal baru, yaitu berjualan tape ketan dengan kemasan ember. Pada saat itu, toko kami termasuk yang pertama kali berjualan oleh-oleh khas Kuningan di jajaran Cilimus dan sekitarnya,” sebutnya Minggu (6/6/2021) siang.

Dijelaskan Asep, dalam beberapa tahun terakhir ini untuk bisa berbelanja di tokonya, tidak hanya dengan cara datang ke toko saja (offline) bisa juga dengan pembelian online seperti via WA, Gojeg, Grab, dan Facebook maupun Instagram.

“Untuk yang diluar kota jangan khawatir, kami sudah terbiasa melayani pembelian luar kota dgn memanfaatkan jasa pengiriman seperti JNE, dan sebagainya,” imbuhnya.

Saat ini, dalam 2 tahun terakhir karena pandemi covid 19 diakuinya memberikan dampak yang cukup terasa.

Dalam 2 kali masa marema lebaran terakhir saja, terjadi penurunan jumlah quantity penjualan yang lumayan drastis.

Diteterangkan, Tahun 2019, saat sebelum pandemi dan pelarangan mudik terjadi, ia bisa menjual sampai 3.000-3.500 ember tape ketan selama masa maremaan lebaran.

Namun dalam 2 tahun terakhir, saat pemerintah menerapkan pembatasan wilayah dan pelarangan mudik, tape ketan yang terjual hanya kisaran 1000 ember.

“Bukan kami tidak bersyukur, namun penurunan tetaplah penurunan. Namun dibalik itu semua, dalam satu minggu normal tanpa adanya hari libur, kami bisa menjual hingga 200 ember,” tuturnya.

Toko Hasan sendiri, memang dikenal luas menjual berbagai produk dengan harga yang cukup murah, bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan toko lain.

Disebutnya, meski tetap menjaga kualitas, Toko Hasan memang hanya mengambil keuntungan tipis saja, meski tetap menjaga kualitas.

“Harapan kami, yang pasti sama dengan semua orang, pandemi ini segera berakhir, sehingga semuanya bisa kembali normal lagi,” sebutnya diakhir. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Membludaknya Kolam Jaring Apung (KJA) di Waduk Darma menjadi perhatian dan dalam kurun waktu 2 tahun kedepan akan berkurang karena akan...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Meski terjadi kenaikan kasus, tapi kenaikan terbilang tidak tinggi. Sebagai bukti  untuk update tanggal 21 September kenaikan positif covid-19 hanya  genap orang....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Deklarasi penolakan LGBT yang dilakukan elemen masyarakat dan beberapa LSM pada Minggu (19/9/2021) kemarin, didukung dan diapresiasi Gerakan Persaudaraan Islam Indonesia...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dikait-kaitkannya kasus ‘sapi pokir’ dengan kemunduran dirinya dari parlemen daerah, mendapat penjelasan langsung dari Deki Zaenal Mutaqin. “Saya senang dan bangga...

Advertisement