Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Seru, Seleksi Perangkat Desa di Muncangela Sampe 6 Calon

KUNINGAN (MASS) – Karena kekosongan salah satu perangkat desa, yakni Kaur Umum dan Perencanaan di Desa Muncangela Kecamatan Cipicung, akhirnya digelar seleksi terbuka.

Panjaringan dan Penyaringan atau seleksi calon perangkat desa di Muncangela Kecamatan Cipicung itu ternyata diikuti antusias. Hal itu terlihat dari pencalonan yang diikuti hingga 6 orang.

Penjaringan yang digelar itu dilakukan di Aula Balai Desa Muncangela pada Sabtu (16/10/2021) pagi..

Terlihat dalam penjaringan itu, dihadiri unsur desa baik itu BPD, LPM, unsur muspika seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Kepala desa Wawan Setiawan dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyebut, penjaringan ini menjadi sejarah, karena ternyata menarik minat banyak calon yang mencapai 6 orang.

Panitia pemilihan sendiri, dipimpin oleh ketua LPM. Meski begitu, tim penyeleksi sendiri, dijelaskan Wawan, akan dilakukan oleh pihak DPMD.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami serahkan seleksi in ke tim dari DPMD, ewuh pakewuh,” sebutnya menjelaskan, kenapa tim seleksi tidak dari desa.

Calon sendiri terbilang muda. Dari keenam calon itu, range usianya mulai dari 28 sampai 41 tahun. Keenamnya adalah Jaelani Sidik, Mulyadi, Yuda Perbangsa, Yoyo Suhayo,
Agus Budianto, dan Salmon.

Terlihat di lokasi, Kabid Pemdes H Ahmad Faruq S Sos, M Si. Sebelum menyeleksi calon, Faruq menjelaskan terlebih dahulu bahwa sebenarnya, kewenangan sepenuhnya memang ada di panitia seleksi desa.

“Sesuai perundang-undangan, cukup sebenarnya dari desa. Namun ketika panitia desa tidak sanggup melaksanakan seleksi, bisa dilakukan kecamatan atau pihak ketiga,” jelasnya.

Tidak sanggup yang dimaksud, bukan sekedar penyelenggearaanya. Tapi lebih ke tumpang tindih kepentingan, menjaga netralitas, kagok atau sama seperti istilah kuwu, ewuh pakewuh.

Kata Faruq, pihak ketiga sendiri, sebetulnya bebas. Bisa dari pihak kampus, bisa konsultan, bisa psikiater dan lain-lain sebagainya. Termasuk pihaknya saat ini yang jadi pihak ketiga.

Dijelaskan Faruq, dalam seleksi itu akan dibagi dalam dua sesi. Ujian tertulis dan ujian praktik. Ujian tertuis sendiri terdiri dari soal pilihan ganda dan esai. Adapun praktik, lebih ke cara mengoperasikan komputer.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mengoperasikan komputer, terutama excel jadi penting untuk kaur umum dan perencanaan. Pihaknya berjanji akan terbuka, agar tidak ada sangkaan buruk.

“Sebelum diumumkan, kami akan buka soalnya. Kami akan sangat terbuka, agar tidak ada sangkaan. Bukti integritas kami, transparansi,” jaminnya.

Pengumuman seleksi sendiri, akan diumumkan hari ini juga sekitar pukul 13.00/14.00 WIB berdasar dari dua sesi ujian tadi. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS)- Rabu, 04 Jumadil Ula 1443 H / 08 Desember 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚 قَـال ابـن القَـيِّم -رحـمَه الله تَعالـَى-:...

Government

KUNINGAN (MASS)- Menulis merupakan kegiatan mengekspresikan pikiran dan pemikiran. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai profesi namun sebagian lain menjadikannya sebagai hobi bahkan pelampiasan kepenatan....

Government

KUNINGAN (MASS)- Dari mulai Selasa-Mingggu (7-11/12/2021) ribuan peserta mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk formasi guru. Peserta tahap dua ini akan...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Kades Silebu Kecamatan Pancalang Asep Yusuf Hamdani menyebutkan, korban pembacokan  Defit Dermawan sudah pulang ke rumah pasca menjalani perawatan di RSUD Linggajati....

Advertisement