Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Sedekah Bumi di Cibogo, Cara Masyarakat Syukuri Hasil Panen

KADUGEDE (MASS) – Masyarakat Blok Cibogo Dusun Kliwon Desa Kadugede, nampak tumpah ruah dalam kebersamaan. Mereka, berkumpul bersama, mengisi jalanan dengan banyak makanan di tengah mereka.

Musik bertabuh, kesenian masyarakat ditampilkan. Semua, larut dalam kemeriahan yang identik dengan kebudayaan leluhur. Mereka, berpesta dan bersyukur atas semua rezeki yang diberikan tuhan.

Mungkin, kalimat-kalimat tadi itulah yang tergambar dalam Sedekah Bumi Cibogo di Desa Kadugede pada Kamis (26/8/2022) kemarin.

Ketua panitia, Ajum, mengatakan bahwa Sedekah Bumi ini merupakan usaha masyarakat untuk melestarikan budaya dan tradisi dari leuhur.

“intinya wujud syukur kita kepada allah yang memberikan kita rezeki, nikmat rezeki, hasil alam pertanian dan perkebunan,” ujarnya.

Dalam prosesi itu, Sedekah Bumi diisi dengan doa bersama dan diakhiri dengan makan bersama di tengah blok.

“Tujuan lain, disitu ada ajang silaturahim, khususnya warga sekitar, tetangga desa,” ucapnya sembari menyebut semua turunan Cibogo dimanapun kini berada, biasanya diundang.

Sementara, sesepuh setempat Uhi Nasuhi mengatakan bahwa ini merupakan bentuk selamatan warga yang sudah ada sejak dari sesepuh terdahulu.

“Alhamdulillah sampe ayeuna dilaksanakeun masih berjalan. (Berjalan) Setiap bulan Sura (Muharram),” imbuhnya.

Kades Kadugede, Maman Abdurohman juga mengatakan apresiasi pada seluruh warga Blok Cibogo yang sudah melakukan kegiatan yang baik ini.

“Terima kasih pada seluruh warga Cibogo, sudah mengadakan kegiatan yang sangat baik dalam rangka mengingat leluhur kita, mengadakan sedekah bumi sekaligus santunan anak yatim piatu,” ucapnya.

Pihaknya, sebagai Pemdes dan semua unsur lembaga desa lainnya, berharap besar tahun-tahun berikutnya bisa terlaksana dengan lebih meriah lagi. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Pada akhir Januari kemarin, alumni SMAN 1 Kadugede (sebagai pabitia) mengorganisir 16 kampus untuk ke almamater sekolahnya. Mereka, datang ke Kadugede...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan (JLTS) resmi dimulai dari jalur selatan, tepatnya Desa Windujanten Kecamatan Kadugede. Peresmian pembukaan jalur itu, ditandai...

Headline

KUNINGAN (MASS) –  Bagi seluruh pengendara, nampaknya harus lebih berhati-hati saat mengemudi di jalanan. Pasalnya, belakangan beberapa kejadian kecelakaan baik itu terjadi di Kuningan,...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Akses jalur dari Kecamatan Kadugede ke Kecamatan Hantara, sempat tertutup material tanah dan batu akibat longsornya tebing sekitar jalan. Longsor itu,...

Advertisement