Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ribuan Kolam Jaring Apung di Waduk Darma Akan ‘Hilang’

KUNINGAN (MASS) – Membludaknya Kolam Jaring Apung (KJA) di Waduk Darma menjadi perhatian dan dalam kurun waktu 2 tahun kedepan akan berkurang karena akan dibenahi. Hal itu diutarakan Plt Kadiskanak Dr Deni Hamdani MSi, Senin (21/9/2021) sore.

Saat ini, diterangkan Deni ada sekitar 6.000-an KJA dari sekitar 600 sampai 800 petani ikan tawar.

Nanti kata Deni, akan ada sekitar 4000-an jaring apung yang akan dihilangkan dalam target sampai 2023 nanti.

“Kalo dari kementrian, minta di 0 (nol) kan, idealnya. Tapi Bupati nego, hingga rasionalisasi sekitar 2.000 jaring apung,” sebutnya.

Negosiasi ini, didasar dari banyaknya masyarakat yang menggantungkan hidupnya jadi petani jaring apung. Meskipun, dikatakan Deni, banyak juga petani yang berasal dari luar Kuningan.

Kedepan, lanjut Deni, yang diperbolehkan menjadi petani jaring apung hanya desa-desa prioritas, sekitar waduk saja. Di luar itu, tidak diperbolehkan.

“Sudah (mulai) disosialisasikan, semua menyambut baik, cuman minta tempo saja,” ujarnya.

Waduk Darma sendiri, memang diproyeksikan sebagai wisata berstandar nasional. Karenanya, kualitas airnya pun harus baik.

Apalagi, air dari Waduk Darma ini juga disalurkan sebagai air baku untuk keperluan masyarakat sekitar. Bahkan diambil juga untuk PAM.

Dengan banyaknya jaring apung, akan sebanding dengan kegiatan petani ikan tawar, seperti pemberian pakan yang jika terlalu banyak, tentu bisa mencemari air.

“Kalo air kita tercemar polutan, tercemar kimia, berarti air yang kita pakai, tidak baik dong,” ujarnya menegaskan pentingnya rasionalisasi jaring apung. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

PD

Bank Kuningan

PKB

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS)- Warga  Kecamatan Ciawigebang dibuat panik pada Jumat  (22/10/2021) pagi. Pasalnya, mereka mendapatkan pesan melalui whatsapp yang berisi adanya acaman bom di semua...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Festival yang digelar Disporapar dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, dinilai salah lokasi. Hal itu disampaikan warga Kecamatan Subang, Nurkholik. Kholik...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Selagi masih menyandang mahasiswa, berwirausaha lebih banyak jalan. Hal itulah yang tersirat saat Tasya Komarasari, perempuan cantik asal Desa Pagundan Kecamatan...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sahabat Ganjar DPC Kuningan terus genjar  memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI 2024 kepada masyarakat luas. Kali ini para supir angkot...

Advertisement